Tingkatkan Kualitas Mutu Pendidikan di Program Studi Sistem Informasi Melalui Audit Mutu Internal

0 32

BSINews, Jakarta–Audit Mutu Internal (AMI) adalah kegiatan untuk mengevaluasi pencapaian standar mutu yang dilaksanakan setiap tahun. Orientasi AMI adalah evaluasi pencapaian standar mutu internal dengan tolak ukur akreditasi berdasarkan instrumen dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Baca Juga: Peningkatan Kualitas Mutu Prodi Manajemen Pajak Lewat AMI

Kegiatan AMI dilakukan setelah tahun akademik yang akan diaudit telah selesai atau paling lambat sebelum tahun akademik berikutnya berakhir. Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) telah memasuki Siklus ke 4.

 

BPMA Universitas BSI saat ini menyelenggarakan kegiatan AMI yang  dilaksanakan secara online melalui aplikasi zoom, dan berlangsung selama 3 hari yaitu tanggal 15,16 dan 17 November 2022. Kegiatan ini diadakan sebagai salah satu siklus yaitu evaluasi. Ruang lingkup audit yang dilaksanakan yaitu 8 standar Pendidikan yang terdiri dari standar proses pembelajaran, Standar kompetensi lulusan, standar isi pembelajaran, standar penilaian pembelajaran, standar dosen dan tendik, standar sarpras pembelajaran, standar pengelolaan pembelajaran, standar pembiayaan pembelajaran.

 

Auditor yang bertugas pada AMI kali ini   berasal dari program studi yang berbeda yang terdiri dari 2 orang auditor yaitu Roynaldi Arista dan  Esty Purwaningsih. Sedangkan yang bertindak sebagai auditee adalah Kaprodi Sistem Informasi Universitas BSI Kampus Bogor Dewi Ayu Nur W.

 

Dewi menjelaskan bahwa kegiatan AMI ini berlangsung secara baik berkat kerjasama staff dari prodi dalam menyiapkan bukti-bukti yang dibutuhkan oleh auditor.

 

“Semoga dengan adanya AMI ini makan dapat meningkatkan segala aspek dalam Pendidikan yang ada didalam prodi,” jelas Dewi Jumat (18/11).

Baca Juga: Prodi Administrasi Perkantoran Universitas BSI Laksanakan AMI

Dewi juga  berharap dengan kegiatan AMI ini dapat terjalin kerja sama yang baik antar bagian prodi hingga dapat dokumen yang terkait dengan prodi dapat dimaksimalkan isi.

 

“Prodi dengan adanya AMI ini maka akan terjalin koordinasi yang baik antara bagian-bagian dengan Prodi, sehingga dokumen-dokumen yang berhubungan dengan prodi dapat dimaksimalkan isi dokumen dengan adanya masukan-masukan dari prodi,” tutupnya.(RDX)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.