Pentingnya Akselerasi Transformasi Digital untuk Mendukung Ekonomi Kreatif

0 341

Bekasi, BSINews — Program studi (prodi) Sistem Informasi, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Kaliabang sukses mengadakan Seminar Akselerasi Transformasi Digital untuk Mendukung Ekonomi Kreatif. Bertempat di Aula Universitas BSI kampus Kaliabang, acara ini digelar pada Juamt (18/11) silam.

Baca juga : Akselerasi Transformasi Digital Menuju Profesional di Bidang Informatika

Narasumber yang dihadirkan adalah Budhi Riyanto selaku Peneliti Ahli Madya BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional), Sriyadi selaku Ketua Prodi (Kaprodi) Sistem Informasi Universitas BSI, dan Hendra Supendar selaku Kaprodi Teknologi Informasi.

Dalam pemaparannya, Budhi menjelaskan digital transformation, new technology, information technology. Menurutnya, ekonomi kreatif adalah penciptaan nilai tambah berbasis ide yang lahir dari kreativitas sumber daya manusia atau orang kreatif dan berbasis ilmu pengetahuan, termasuk warisan budaya dan teknologi.

Pentingnya Akselerasi Transformasi Digital

“Sedangkan posisi pekerjaan yang terbanyak baik saat ini maupun pada tahun-tahun mendatang adalah di posisi pertama Network Operation Access yang jumlahnya terbanyak baik yang tersedia saat ini, maupun yang masih akan dibutuhkan selanjutnya. Posisi kedua adalah Network Operation Backbone  dan posisi ketiga adalah Software Engineer,” jelas Budhi dalam rilis yang diterima, Kamis (24/11).

Sriyadi menambahkan bahwa sebagai generasi muda, mahasiswa masih memiliki semangat muda dalam mencari pengalaman yang perlu diarahkan dan dikembangkan.

“Tantangan bagi mahasiswa dalam proses perkuliahan adalah menjadi profesional di bidang informatika, dengan memahami konsep Global Competition, Global Thinking, dan Paradigma Baru,” ungkap Sriyadi.

Baca juga : Seminar Profesionalisme Jurusan Akuntansi dan Manajemen Pajak

Sementara itu, Hendra menimpali bahwa pentingnya seminar akselerasi transformasi digital untuk mendukung ekonomi kreatif merupakan langkah dasar yang terus harus dipelajari oleh mahasiswa semester.  Sehingga Mahasiswa dapat memiliki jiwa mandiri dalam mengembangkan kemampuannya dan mendapatkan peluang usaha sesuai dengan bidangnya sebelum wisuda. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.