Prodi Sistem Infomasi Adakan Workshop Pembekalan Basis Data

0 12

Jakarta, BSINews — Program studi (prodi) Sistem Informasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses melaksanakan kegiatan workshop Pembekalan Basis Data. Kegiatan ini digelar secara daring, pada Kamis (15/12/2022) yang dihadiri oleh mahasiswa prodi Sistem Informasi dan prodi Rekayasa Perangkat Lunak.

Narasumber yang dihadirkkan ialah Jenie Sundari yang merupakan dosen sekaligus peneliti di lingkungan Universitas BSI. Dalam pemaparannya, Jenie menjelaskan bahwa pengertian basis data hingga cara penggunaannya.

Baca juga : Pembekalan Uji Profesi Sistem Basis Data Wujudkan Lulusan Memiliki Potensi

“Basis data atau yang lebih dikenal dengan database merupakan penyimpanan sekumpulan data dan saling berhubungan. Database berfungsi sebagai proses penyimpanan untuk mencegah terjadinya duplikasi data hingga pengelompokkan data dan informasi sehingga lebih mudah dipahami,” ujar Jenie.

Ia juga menjelaskan hubungan query dalam proses mengolah data dalam bentuk DDL dan DML beserta contohnya.

Workshop Pembekalan Basis Data

“Bagi mahasiswa yang mengikuti uji profisiesnsi ini semuanya dinyatakan lulus yang membedakan hanya predikat peringkat kelulusannya saja,” imbuhnya.

Sementara itu, Ahmad Setiadi selaku ketua prodi (Kaprodi) Rekayasa Perangkat Lunak, Universitas BSI mengungkapkan kegiatan pembekalan ini agar mahasiswa dapat memahami proses uji profisiensi basis data kelak.

Baca juga : Prodi Rekayasa Perangkat Lunak Universitas BSI Gelar Workshop Uji Profesiensi Basis Data

“Kegiatan pembekalan ini agar dapat memahami proses dari kegiatan uji profisiensi basis data yang diadakan terpisah dan dikerjakan secara online nantinya. Agar pelaksanaan uji profisiensi basis data ini lancar diadakan kegiatan ini,” tutupnya. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.