Berpartisipasi Dalam UI Greenmetric World University Ranking, Universitas BSI Telah Berupaya yang Terbaik

0 755

BSINews, Depok —UI GreenMetric merupakan sistem pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia yang berdasarkan pada komitmen perguruan-perguruan tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus hijau, ramah lingkungan, berteknologi terkini, dan mampu menghasilkan sebuah novelty. Pemeringkatan dilakukan kepada perguruan tinggi yang berasal dari dalam Indonesia yang berlokasi di Universitas Indonesia, Balai Sidang, Margonda, Depok, yang hasilnya akan diumumkan pada 12 Desember 2022.

Baca Juga: Kuliah di Perantauan Buktikan Saudara Kembar Ini Raih Predikat Wisudawan Terbaik Universitas BSI Kampus Tasikmalaya

 

Total perwakilan dari tiap-tiap perguruan tinggi di Indonesia terdapat 126 universitas. Tiap-tiap PIC kampus tersebut telah berkontribusi positif dalam input data, koordinasi, dan melakukan yang terbaik dalam rangka mengusung kampus hijau selama tiga bulan belakangan ini.

 

 

Pada tahun ini untuk pertama kalinya Universitas BSI (Bina Sarana Informatika)  berpartisipasi dan ikut dalam pemeringkatan perguruan tinggi kelas dunia yang diinisiasi UI yang menitikberatkan penilaian pada komitmen pengelolaan lingkungan kampus.

 

Terdapat 36 indikator penilaian UI Greenmetric yang dibagi ke dalam enam kriteria dengan bobot yang berbeda untuk masing-masing kriteria. Dari enam kriteria ini, Universitas BSI berhasil meraih total poin 3.465 dengan poin tertinggi terletak pada kriteria energi dan perubahan iklim (935) dan kriteria pendidikan dan penelitian (825). Pada pemeringkatan tahun 2022 ini Universitas BSI berada pada peringkat 92 secara Nasional dan 908 secara peringkat di dunia.

 

Ricky Sastra sebagai Kepala Kampus Universitas BSI Rektorat 98 menjelaskan bahwa telah melakukan, koordinasi, dan komunikasi dengan pihak terkait dalam rangka mengisi enam kuesioner UI GreenMetric.

 

“Saya telah melakukan, koordinasi, dan komunikasi dengan pihak terkait dalam rangka mengisi enam kuesioner UI GreenMetric. Semuanya telah terselesaikan tepat waktu dan juga telah diterjemahkan ke Bahasa Inggris oleh Octa Pratama selaku PIC UI GreenMetric representatif Universitas BSI,” ujar Ricky, Senin (12/12).

 

Berdasarkan pengumuman yang ada pada acara ini atau melalui tautan https://bit.ly/2022UIGMResultsandAwards ini, kampus Universitas BSI menduduki peringkat ke-92 dari total peserta (kampus) sebanyak 126 perguruan tinggi. Universitas BSI tidak berkecil hati, namun akan improvisasi dan terus mengadakan perubahan secara berkala. Universitas BSI siap berpartisipasi pada tahun mendatang dalam kesiapannya berpartisipasi di UI GreenMetric World University Ranking ini.

 

Sementara itu, Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari  sebagai ketua UI GreenMetric World University Ranking berharap hasil pencapaian bisa dikembangkan kembali, diinovasikan kembali, dan bisa bermanfaat bagi sesama civitas akademika.

 

Baca Juga: LLDIKTI Wilayah 3, Sebut Universitas BSI Masuk Dalam Top 10 Universitas di Jakarta

“Terima kasih yang sebesar-besarnya pada perwakilan tiap kampus dalam rangka menyelaraskan dan berperan aktif kampus hijau atau GreenMetric World University Ranking. Semoga pencapaiannya bisa dikembangkan kembali, diinovasikan kembali, dan bisa bermanfaat bagi sesama civitas akademika baik internal atau eksternal. tetap semangat dan salam Go Green!,” tutupnya.(RDX)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.