Mahasiswa Prodi Manajemen Pajak Lakukan Kunjungan Ilmiah ke Kanwil DJP Jakarta Timur

0 314

Jakarta, BSINews — Berikan gambaran tugas dan fungsi dari perpajakan, program studi (prodi) Manajemen Pajak Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) ajak mahasiswa lakukan kunjungan ilmiah ke Kanwil DJP (Direktorat Jenderal Pajak,) Jakarta Timur. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa semester 1 dan 5 yang dilaksanakan pada Kamis (15/12/2022) silam.

Eka Dyah Setyaningsih selaku ketua program studi (Kaprodi) Manajemen Pajak Universitas BSI yang turut menghadiri kunjungan ilmiah, mengungkapkan tujuan kegiatan ini adalah memperkenalkan kepada mahasiswa akan tugas dan fungsi dari DJP, Kanwil DJP, dan Kantor Pelayanan Pajak.

Baca juga : Mahasiswa Prodi Public Relation Lakukan Kunjungan Ilmiah ke Museum Penerangan TMII

“Terimakasih kepada Kanwil DJP Jakarta Timur yang telah menerima kunjungan dari mahasiswa Universitas BSI. Semoga dengan adanya kunjungan ini dapat membuka wawasan dan pemahaman mahasiswa tentang tugas pokok dan fungsi dari Kanwil DJP Jakarta Timur dan kerjasama dan menjalin silahturahmi agar terjaga dengan baik,” ujar Eka dalam keterangan rilis, Senin (19/12/2022).

Sementara itu, Desy Eka Putri selaku Kepala Bidang DP3 menjelaskan tugas pokok dan fungsi dari 5 bidang dan 1 bagian yang ada di Kanwil DJP Jakarta Timur, Bidang Data dan Pengawasan Potensi Perpajakan (DP3).

Kunjungan Ilmiah ke Kanwil DJP Jakarta Timur

“Tugas dan fungsi DP3 sesuai dengan PMK-210/PMK.01/2017 yaitu melaksanakan pencarian, pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data dan informasi perpajakan, melaksanakan bimbingan pengawasan dan penggalian potensi perpajakan, melaksanakan bimbingan pengawasan dan pemantauan tindak lanjut pengampunan pajak, melaksanakan pemberia dukungan teknis komputer, dan melaksanakan pengelolaan risiko Kantor Wilayah,” jelas Desy.

Ardhie Permana selaku Kepala Bidang Pendaftaran, Ekstensifikasi dan Penilaian (PEP) menjelaskan, tugas dan fungsi bidang PEP, yakni melaksanakan bimbingan dan pemantauan pelaksanaan kebijakan teknis seperti pendaftaran, ekstensifikasi wajib pajak, pengawasan dan penggalian potensi perpajakan Wajib Pajak lainnya (berbasis kewilayahan).

Menanggapi hal ini, Sugeng satoto (kepala P2 Humas) yang mewakili Kepala Kanwil DJP Jakarta Timur, mengucapkan selamat datang bagi mahasiswa prodi Manajemen Pajak Universitas BSI. Semoga kunjungan ilmiha ini dapat memberikan gambaran akan tugas dan fungsi dari bidang-bidang dan bagian yang ada di Kanwil DJP Jakarta Timur.

Baca juga : Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa Prodi Manajemen Pajak Gelar Workshop Dan Test PPH Orang Pribadi

“Kantor Pelayanan Pajak (KPP) yang diwakili KPP Pratama Jatinegara terkait dengan tugas dan fungsi dari pelayanan dan penyuluhan di KPP Pratama, mempunyai tugas melaksanakan pelayanan, Penyuluhan, Pengawasan, dan Penegakan Hukum Wajib Pajak,” tutupnya. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.