BSI Digination Kenalkan Dunia Broadcasting Kepada Pelajar SMK

0 47

Yogyakarta, BSINews – Digital Creative Center (DCC) atau Lab Alfa-1 menggaet Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Yogyakarta dalam melaksanakan BSI Digination yang mengundang puluhan pelajar SMK/Sederajat, salah satunya dari SMK Nurul Iman Bantul di Wisma BSI Yogayakarta, Rabu (11/1/2023).

BSI Digination ini diawali dengan workshop tentang digital kreatif bertajuk ‘Step by Step How to Start a Podcast’ yang disampaikan oleh Ibnu Alfarobi selaku CEO DCC atau Lab Alfa-1. Menurutnya bahwa memulai membuat podcast diperlukan kemauan, kreativitas dan juga konsistensi dalam membuat konten.

Baca juga: BSI Digination Jadi Ajang Siswa/i SMK Taman Siswa Jetis Praktik Broadcasting

BSI Digination

“Dalam membuat konten yang menarik juga diperlukan riset untuk mengetahui apa saja yang disukai oleh audiens saat ini dan hal-hal apa saja yang sedang tren saat ini. Hal itu dilakukan agar konten yang dihasilkan mendapatkan respon yang baik dari audiens,” ujarnya.

Selain workshop tentang digital kreatif, terdapat pula workshop exhibition di DCC atau Lab Alfa-1 yang ada di Yogyakarta. Peserta diajarkan tentang bagaimana menjadi seorang broadcaster yang dipandu oleh M. Tsabit selaku Head of BSI TV & BSI Radio.

Tak hanya mendapatkan materi tentang broadcasting, peserta juga diberikan kesempatan untuk mencoba secara langsung bagaimana menjadi seorang kameraman, new anchor, dan juga presenter podcast.

Baca juga: Tingkatkan Kompetensi Multimedia, SMK Muhammadiyah Kalibawang Ikuti BSI Digination

“Dengan praktik secara langsung diharapkan, peserta dapat langsung merasakan bagaimana menjadi seorang broadcaster yang tentunya ini akan menjadi pengalaman yang menarik bagi para peserta BSI Digination yang hadir,” ungkap Tsabit.

Kepala kampus Universitas BSI kampus Yogyakarta Erlangga Bramanto dalam kesempatan ini mengatakan bahwa peserta yang hadir cukup antusias dan menyampaikan rasa senangnya ketika mengikuti kegiatan tersebut.

“Melalui BSI Digination mereka bisa langsung mencoba bagaimana menjadi seorang new anchor dan juga kameramen. Mereka juga jadi lebih tahu tentang bagiamana menjadi seorang konten creator,” ujarnya.\

Baca juga:Tingkatkan kompetensi multimedia, Siswa SMK Maarif Yogyakarta Ikuti BSI Digination

Sementara itu, Marga salah satu guru pendamping dari SMK Nurul Iman Bantul menyampaikan bahwa BSI Digination sangat bagus dan bermanfaat, terutama untuk siswa.

“Karena BSI Digination mereka jadi dapat pengetahuan baru. Semoga acara semacam ini akan terus ada kedepannya,” tandasnya.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.