Edukasi Pencegahan Penipuan Informasi Pribadi Online

0 137

Tangerang, BSINews — Dalam rangka mewujudkan tri dharma perguruan tinggi, sejumlah dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat (PM). Mengusung tema Edukasi Pencegahan Penipuan Informasi Pribadi Online, acara ini dilaksanakan di Kelurahan Setu, Tangerang Selatan, pada Minggu (15/1/2023).

Dosen yang terdiri dari R. Deasy Manadasari, Hartana, Erwin Setyawan  dan Lidya Fransisca terjun langsung ke lokasi melaksanakan kegiatan PM. Deasy Mandasari selaku ketua pelaksana PM Universitas BSI menuturkan bahwa kegiatan PM ini bersamaan dengan rangkaian acara pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) dan pelantikan RT/RW tingkat kelurahan Setu kota Tangerang Selatan.

Baca jugaBekali Mahasiswa BSI Explore 2023 dengan Pelatihan Wawasan Kebangsaan

Deasy menjelaskan bahwa dosen memberikan penyuluhan mengenai bagaimana cara melindungi data – data identitas pribadi agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, yang mana tujuannya adalah untuk menghindari kerugian secara finasial.

“Penyebab data pribadi bocor adalah kurangnya kesadaran masyarakat terkait bahaya menyebarluaskan data pribadi, seperti memfoto KTP, Kartu Keluarga untuk kemudian di unggah ke jejaring sosial milik pribadi,” ujar Deasy, Senin (16/1/2023).

Edukasi Pencegahan Penipuan

Menurutnya, bisa  juga data pribadi bocor karena sistem keamanan yang lemah, seperti pembobolan data informasi pribadi melalui aplikasi peduli lindungi dan lain – lain.

“Data pribadi dibagi menjadi 2, yakni bersifat umum dan spesifik. Data umum seperti nama lengkap, jenis kelamin, kewarganergaraan dan lainnya, sedangkan bersifat spesifik seperti data informasi kesehatan, data biometrik, data genetika dan sebagainya,” imbuhnya.

Untuk melindungi data pribadi yang bocor, lanjutnya yaitu dengan cara selalu mengubah kata sandi, lakukan autentikasi dua faktor, buat aduan ke platform tempat kebocoran data dan pantau secara berkala, awasi aktivitas perbankan atau bekukan rekening, dan yang terakhir adalah laporkan kepada pihak yang berwajib.

Baca juga : Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Microsoft Excel pada Ibu-ibu PKK Kabupaten Karawang

“Melalui acara edukasi pencegahan penipuan informasi pribadi online ini banyak masyarakat yang merasa mendapatkan informasi yang selain bermanfaat juga dapat diterapkan didalam kehidupan mereka sehari – hari. Selain itu, dengan adanya kegiatan ini, para peserta mendapatkan wawasan yang bermanfaat dan dapat lebih berhati – hati dalam menjaga informasi data pribadi ke publik agar tidak disalahkan oleh pihak lain,” tutup Deasy. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.