Minat Generasi Z Dalam Mengeksplorasi Wisata Adventure

0 167

Jakarta, BSINews — Generasi  Z  dikenal  lebih  mandiri  dari pada generasi sebelumnya. Mereka tidak menunggu orang tua untuk mengajari hal-hal atau memberi tahu mereka   bagaimana   membuat   keputusan ( Adam, A. 2017).  Generasi Z dalam mengeksplorasi wisata adventure atau petualangan yaitu “Body  Rafting”di  objek  wisata  Citumang  Pangandaran  dan  mengidentifikasi  wisatawan  atau pengunjung kelompok Generasi Z berdasarkan Kedatangan, Kota Asal, Transportasi yang digunakan, Aktivitas yang dilakukan, Tujuan berwisata, komponen pariwisata, dan penilaian pelayanan atau jasa petugas di objek wisata  Citumang Pangandaran  baik akses, sarana dan prasarana yang ada di lokasi tersebut

Baca Juga: Makna Jargon “Cendol Dawet” Dalam Musik Dangdut Koplo

Citumang merupakan salah satu objek wisata minat khusus yang berada di Kabupaten Pangandaran, objek  wisata  ini  menawarkan  wisata  unggulannya  yaitu  berupa  kegiatan  wisata “Body Rafting” dan biasanya  peminat  dari  wisata  petualangan  ini  adalah  kalangan  muda  (Generasi  Z)  yang  menyukai wisata  beresiko  namun  menyenangkan  dan  penuh  tantangan. Penelitian  ini  menggunakan  metode  penelitian  kualitatif. “Penelitian  kualititif  memiliki  kegunaan antara  lain  untuk  memahami  interaksi  sosial  dan  memahami  perasaan  orang  yang  sulit  untuk dimengerti” (Sugiyono, 2017).

 

Hasil penelitian menujukkan bahwa Sebanyak rata-rata 33,33% diperoleh data bahwasannya pengunjung atau wisatawan Generasi Z yang  datang  ke  objek  wisata  Citumang Pangandaran  untuk  melakukan  ekslporasi  wisata Adventure atau petualangan Body Rafting. Sekitar rata-rata 62,50% Minat Wisatawan Generasi Z dalam mengeksplorasi wisata Adventure Body  Rafting  di  objek  wisata  Citumang  Pangandaran  meliputi  8  point  pilihan  yaitu  Wisata petualangan Body  Rafting,  Wisata  air  berendam,  Wisata  terapi  ikan,  Wisata  Berenang,  Wisata River  Tubing,  Wisata  Keluarga  (Acara  Makan-makan),  Wisata  Belanja  dan  Wisata  melihat pemandangan  alam.  Dan  sisanya  sekitar  37,50%  tidak  melakukan  kesemua  8  aktivitas  diatas hanya sebagian atau beberapa saja.

 

Rata-rata  63,33%  Tujuan  Utama  Wisatawan  (GenerasiZ)  Di  Objek  Wisata  Citumang  selain untuk  melakukan Body  Raftingadalah  Wisata  Body  Rafting,  Wisata  Rekreasi,  Berlibur  dan Acara Keluarga, sisanya 36.67% tidak melakukan kesemua 6 aktivitas diatas hanya sebagian atau beberapa saja.

 

Sekitar 52,00% Sarana dan Prasarana yang berada di Objek Wisata Citumang dianggap masih bagus oleh pengunjung dan sisanya 48,00% perlu adanya perbaikan atau penambahan sarana dan prasarana (fasilitas).

Baca Juga: Makna Komunikasi Perempuan Sunda Pada Tembang Cianjuran

80,00% pengunjung Generasi Z mengatakan Pelayanan yang diberikan (Pengelola Objek Wisata) kepada kelompok Generasi Z sangat bagus atau memuaskan secara keseluruhan dan sisanya 20% perlunya ada perbaikan dari setiap petugas atau aspek untuk meningkatkan pelayanan (RDX).

Leave A Reply

Your email address will not be published.