Pesan Moral Dalam Sebuah Lagu Dengan Pendekatan Semiotika

0 135

Jakarta, BSINews —Kekuatan Bahasa dalam pemilihan kata pada kalimat- kalimat yang dipakai dalam perbendaharaan paragraf, menjadi pesan moralis bermakna yang secara implisit mencoba menjawab dan mempertajam ruang makna pada konteks yang hendak disampikan (Abidin, 2012), yakni melihat makna semiotika secara menyeluruh dengan mengacu pada kontekskonteks yang ada didalam lagu tersebut.

Baca Juga: Makna Jargon “Cendol Dawet” Dalam Musik Dangdut Koplo

Dalam penulisan karya ilmiah ini, metode yang dipakai yakni dengan menggunakan metode kualitatif. Pendekatan penelitian dengan cara deskriptif kualitatif, yang dilakukan  secara berimbang dan terpadu, melalui studi literatur dan pencarian data serta informasi  melalui sumber- sumber tertentu baik buku, jurnal dan informasi di media sosial (Mulyana, 2013).

 

Melalui pendekatan kualitatif ini, diharapkan nanti dapat menghasilkan temuan secara mendalam dan luas, serta bermakna tentang ucapan, tulisan, atau perilaku yang dapat diamati dari individu, kelompok, masyarakat maupun organisasi tertentu.

 

Uraian  mengenai pemaknaan secara mendalam dalam lagu Anneth, yang dikupas dalam semiotika Roland Barthes. Keadaan hubungan yang tidak harmonis menjadi keadaan yang merupkan permasalahan pokok, artinya dalam video klip ini tergambar secara keseluruhan tentang upaya memperbaiki keadaan yang tidak harmonis antar mereka sebagai saudara kandung. Bentuk ketidakharmonisan dalam hubungan mereka semakin diperparah dengan tidak adanya keterbukaan satu dengan yang lainnya yang secara intens berupaya untuk diketengahkan. Penyelesaian permalahan ini melalui tindakan moral dapat dilakukan dengan memulai dan adanya keterbukaan satu dengan yang lainnya. Artinya, hadirnya sikap memaafkan dan kerendahan hati menjadi sesuatu yang harus dikedepankan dengan adanya kesadaran untuk memperbaiki suatu hubungan.

Baca Juga: Makna Komunikasi Perempuan Sunda Pada Tembang Cianjuran

Upaya terus menerus menghidupkan nilai- nilai moralitas dalam Bahasa verbal dan nonverbal menjadi point yang ingin dibahasakan oleh anneth sebgaai pencipta dan penyanyi. Pesan moralitas didalam lagu mungkin hari ini esok atau nanti menjadi lagu yang sarat dengan makna bahwa kehidupan semakin bermakna dan bernilai bila di isi oleh Tindakan dan perbuatan yang salin memperhatikan dan mengautakan antar individu lainnya. Inilah nilai tertinggi dalam perbuatan manusia, yakni saling mengasihi sesamanya sebagai makhluk hidup.(RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.