Mahasiswa BSI Explore Ajak SD Karanganom 1 Ikuti Sosialisasi Tanggap Bencana Bersama BPBD Gunungkidul

0 11

Yogyakarta, BSINews — Mahasiswa Kampus Digital Kreatif Universitas BSI  (Bina Sarana Informatika) yang merupakan peserta BSI Explore sukses menyelenggarakan kegiatan sosialisasi tanggap bencana dengan mengundang BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Gunungkidul.

Baca juga : Mahasiswa BSI Explore Ajak SDN Karanganom 1 Unjuk Kreatifitas Lewat Pagelaran Karya Seni

Kegiatan ini digelar di SD Karanganom 1, Gunungkidul Yogyakarta dengan mengajak siswa/i kelas 3 hingga kelas 6. Ahmad Aliyul Hadi selaku anggota tim BSI Explore Universitas BSI kampus Solo mengatakan kegiatan ini bertujuan agar siswa/i memiliki persiapan diri dan mengetahui langkah awal yang harus dilakukan ketika terjadi bencana.

“Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa dan juga guru manakala terjadi gempa atau bencana lain, jadi dapat digunakan untuk manajemen diri saat terjadi bencana,” ujar Ahmad dalam keterangan rilis, Kamis (2/2/2023).

Sosialisasi Tanggap Bencana bersama BPBD Gunungkidul

Ia menambahkan, tujuan dari diselenggarkaan kegiatan ini adalah membangun budaya siaga, budaya aman dan budaya pengurangan risiko bencana di sekolah. Serta membangun ketahanan dalam menghadapi bencana oleh warga sekolah secara terencana, terpadu dan terkoordinasi dengan pemanfaatan sumberdaya yang tersedia dalam rangka memberikan perlindungaan kepada warga sekolah dari ancaman dan dampak bencana.

“Menyebarluaskan dan mengembangkan pengetahuan kebencanaan ke masyarakat luas melalui jalur pendidikan sekolah. Memberikan rekomendasi kepada pihak terkait tentang kondisi struktur bangunan sekolah.
Menanamkan pengetahuan tentang Kebencanaan, kita mulai dari anak anak Usia Dini, biar mereka kelak tumbuh jadi pribadi-pribadi yg Tangguh, Siaga, & sadar akan Ancaman Bencana,” jelasnya.

Baca juga : Mahasiswa BSI Explore Karawang Sukseskan Pagelaran Olahraga Sekolah Dasar

Menanggapi hal ini, Suranta selaku kepala sekolah SD Karanganom 1 mengaku sangat antusias atas pelaksanaan sosialisasi tanggap bencana ini.

“Kegiatan sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi kami, karena dapat meningkatkan kesiap-siagaan anak-anak dalam menghadapi penanggulangan bencana secara dini,” tutup Suranta. (LAG)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.