Perpustakaan Universitas BSI Mengikuti Bimbingan Teknis Pengembangan Perpustakaan Perguruan Tinggi Se-Provinsi Jawa Barat

0 63

Bandung , BSINews –Perpustakaan Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) ikut serta menjadi peserta dalam kegiatan bimbingan teknis pengembangan perpustakaan perguruan tinggi provinsi Jawa Barat  yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang bekerja sama dengan dinas perpustakaan dan kearsipan daerah pemerintah daerah provinsi Jawa Barat dan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia  (FPPTI) Jawa Barat.

Baca Juga: Perpustakaan Universitas BSI Kampus Yogyakarta Hadiri Musyawarah Wilayah dan Seminar Nasional FPPTI-DIY 2023

Kegiatan ini dilakukan secara offline yang bertempat di Novotel Cihampelas Bandung selama tiga hari pada  22-24 Februari 2023.

Kepala dinas perpustakaan dan kearsipan daerah provinsi Jawa Barat Dr. Hening Widiatmoko dalam sambutannya menyampaikan agar perpustakaan perguruan tinggi segera  melakukan akreditasi.

“Akreditasi perguruan tinggi di jawa barat sangatlah sedikit yaitu 60 perguruan tinggi dibandingkan dengan jumlah perguruan tinggi dijawa barat dan  menyarankan agar perpustakaan perguruan tinggi segera  melakukan akreditasim,” jelas Hening dalam keterangan rilis Rabu (22/2/23).

Sementara itu, Drs. Nurcahyono  selaku Kepala pusat pengembangan perpustakaan sekolah/madrasah dan perguruan tinggi menjelaskan tema strategi pembinaan perpustakaan perguruan tinggi.

“Skema pembinaan perpustakaan perguruan tinggi dengan cara regulasi, NSPK, implementasi, profiling perpustakaan perguruan tinggi dan terakhir rekomendasi pembinaan akreditasi. Apabila nilai lebih dari 60 akan direkomendasi direktori standarisasi dan akreditasi namun apabila nilai SNP dibawah 60 mendapatkan pembinaan dinas perpustakaan provinsi,” imbuhnya.

Disatu sisi, Irfan Nurchoir  selaku pustakawan Universitas BSI kampus  Bogor yang menghadiri kegiatan Bimtek menjelaskan bahwa acara tersebut sangat bagus diikuti oleh perpustakaan perguruan tinggi karena selain memberikan bimbingan pengembangan perpustakaan PT dan di perkenalkan jobdesk apa saja lembaga Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi. Kelompok Substansi Pengembangan Perpustakaan Perguruan Tinggi.

Baca Juga: Dukung World Class University, Pustakawan Universitas BSI Ikuti Seminar Nasional Perpustakaan

“Semoga dengan mengikuti acara bimtek tersebut perpustakaan Universitas BSI bisa segera mengikuti akreditasi perpustakaan dan pustakawan perpustakaan Universitas BSI dapat mengikuti sertikasi pustakawan sesuai arahan dari perpusnas sehingga bisa menguatkan tridarma perguruan tinggi dan penguagan literasi informasi,” tandasnya.(RDX)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.