Pelatihan Pemanfaatan Tiktok Sebagai Digital Marketing Dalam Pengembangan Usaha Pada Pelaku UMKM Naik Kelas Kota Bekasi
BSINews, Bekasi – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu penggerak perekonomian rakyat yang sangat tangguh dan memberikan kontribusi signifikan yang sangat besar dan dekat dengan rakyat kecil di Indonesia.
Persaingan dalam bisnis yang semakin kompetitif, menjadikan UMKM harus cermat mengambil peluang yang dibutuhkan masyarakat, salah satunya adalah bagaimana UMKM mampu memberikan terobosan dengan menggebrak roda perekonomian melalui digital marketing management sehingga mampu meningkatkan penjualan melalui digital marketing guna memudahkan UMKM dalam memasarkan produk dan jasa yang dimilikinya melalui media sosial dengan membuat konten pemasaran yang menarik misalnya dengan berjualan di berbagai E-commerce salah satunya dengan menggunakan aplikasi tiktok.
Baca Juga : Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Sarana Promosi Kegiatan Desa
Hal ini membuat dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat (PM) dengan mengusung tema pemanfaatan Tiktok dalam pengembangan usaha, kegiatan ini ditujukan bagi pelaku UMKM Naik Kelas Kota Bekasi, dengan menghadirkan Henry Setiawan selaku narasumber dan Wakil Ketua Umum Komunitas UMKM Naik Kelas Bidang IT & Digitaliasi dan juga Founder dari Inamarket.id, Sabtu (18/3).Dengan melibatkan beberapa dosen, antara lain Resti Yulistria, Wiwin Wianti, Lukman Hakim, dan Yulia Mujiaty.
Resti Yulistria selaku ketua pelaksana PM mengungkapkan bahwa di era serba digital istilah digital marketing cukup terkenal. Banyak merk atau produk perusahaan yang melakukan kampanye online (digital campaign) melalui website, blog dan media sosial perusahaan. Hampir semua perusahaan di dunia menggunakan strategi pemasaran ini.
“Akan tetapi meskipun demikian, pelaku usaha harus selalu memantau perkembangan zaman untuk bisa mengembangkan usahanya supaya lebih optimal. Apalagi sekarang ini teknologi sudah berkembang pesat, maka pemilik usaha wajib untuk dapat mengikuti perkembangan zaman,” ucap Resti.
Ia menambahkan, bahwa, saat ini aplikasi TikTok menjadi salah satu aplikasi yang sangat banyak digunakan dan digemari oleh masyarakat dari segala macam kalangan.
Baca Juga : Tiktok Sekarang Bisa Untuk Media Promosi, Untuk Perluasan Usaha
“Oleh karena itu masyarakat perlu di beri pelatihan dengan target pemasaran agar para UMKM mampu membangun aset sosial media dan membuat konten marketing sosial media melalui aplikasi tiktok, contohnya dengan melakukan penjualan seperti tiktok shop dengan cara membuat konten yang menarik dan penawaran produk yang bagus dengan harga yang murah sehingga konsumen semakin menarik untuk membeli suatu produk seperti agar para pelaku UMKM paham cara memasarkan produk yang mereka miliki sehingga mampu bersaing dan dapat bertahan,” tandasnya.