Pelatihan Pemanfaatan Tiktok Sebagai Digital Marketing Dalam Pengembangan Usaha Pada Pelaku UMKM Naik Kelas Kota Bekasi

0 242

BSINews, Bekasi –  Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu penggerak perekonomian rakyat  yang  sangat  tangguh dan memberikan kontribusi signifikan yang sangat besar dan dekat dengan rakyat kecil di Indonesia.

Persaingan dalam bisnis yang semakin kompetitif, menjadikan UMKM harus cermat mengambil peluang yang dibutuhkan masyarakat, salah satunya adalah bagaimana UMKM mampu memberikan terobosan dengan menggebrak roda perekonomian melalui digital marketing management sehingga mampu meningkatkan penjualan melalui digital marketing guna memudahkan UMKM dalam memasarkan produk dan jasa yang dimilikinya melalui media sosial  dengan membuat  konten  pemasaran yang menarik misalnya  dengan  berjualan  di  berbagai E-commerce salah satunya dengan menggunakan aplikasi tiktok.

Baca Juga : Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Sarana Promosi Kegiatan Desa 

Hal ini membuat dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat (PM) dengan mengusung tema pemanfaatan Tiktok dalam pengembangan usaha, kegiatan ini ditujukan bagi pelaku UMKM Naik Kelas Kota Bekasi, dengan menghadirkan Henry Setiawan selaku narasumber dan Wakil Ketua Umum Komunitas UMKM Naik Kelas Bidang IT & Digitaliasi dan juga Founder dari  Inamarket.id, Sabtu (18/3).Dengan melibatkan beberapa dosen, antara lain Resti Yulistria, Wiwin Wianti, Lukman Hakim, dan Yulia Mujiaty.

Resti Yulistria selaku ketua pelaksana PM mengungkapkan bahwa di era serba digital istilah digital marketing cukup terkenal. Banyak merk  atau  produk perusahaan yang melakukan kampanye online (digital campaign) melalui website,  blog  dan  media  sosial  perusahaan.  Hampir  semua  perusahaan  di  dunia menggunakan  strategi  pemasaran  ini.

“Akan   tetapi   meskipun demikian, pelaku usaha  harus  selalu  memantau perkembangan  zaman untuk  bisa  mengembangkan usahanya supaya lebih optimal. Apalagi sekarang ini teknologi sudah berkembang  pesat,  maka  pemilik  usaha  wajib untuk dapat mengikuti perkembangan zaman,” ucap Resti.

Ia menambahkan, bahwa, saat  ini  aplikasi TikTok menjadi salah satu aplikasi yang sangat banyak digunakan  dan  digemari  oleh  masyarakat  dari segala   macam   kalangan.

Baca Juga : Tiktok Sekarang Bisa Untuk Media Promosi, Untuk Perluasan Usaha

“Oleh  karena  itu  masyarakat  perlu  di  beri  pelatihan dengan  target  pemasaran  agar  para UMKM  mampu  membangun  aset  sosial  media  dan  membuat konten marketing sosial  media melalui aplikasi tiktok,  contohnya  dengan  melakukan penjualan seperti   tiktok shop dengan cara membuat konten yang menarik dan penawaran produk yang bagus dengan harga yang murah sehingga  konsumen semakin menarik  untuk membeli  suatu  produk seperti  agar  para  pelaku  UMKM  paham  cara  memasarkan produk yang mereka miliki sehingga mampu bersaing dan dapat bertahan,” tandasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.