4 Pertimbangan Memilih Kuliah Pascapademi

0 27

Jakarta BSINewsPandemi telah usai dan 3 tahun masa pademi sudah berlalu, kini para pelajar tingkat menengah atas  harus kembali fokus menatap masa depan, terutama kalian yang  3 tahun lalu sekolah di masa pandemi dan kini harus memilih kemana tujuan anda selanjutkan. Melanjutkan pendidikan atau bekerja dengan skill kemampuan yang pas-pasan.

Bagi yang berkeinginan memilih  bekerja setelah lulus sekolah SMA atau MA mungkin tidak mudah memang untuk memilih jalur bekerja karena basic mereka bukan di situ, di tambah lagi  karena resesi ekonomi di beberapa negara dan sedikit berimbas kepada negara kita sehingga membuat biaya kebutuhan yang semakin hari semakin meningkat.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Kuliah di Karawang

Namun bagi yang  memilih melanjukan studi ke perguruan tinggi harus ada pertimbangan untuk  melanjutkan studi. Jangan sampai juga salah pilih apa lagi ikut ikutan temen, untuk kalian yang memilih melanjutkan studi berikut ini beberapa hal yang harus dipertimbangkan.

  1. Program Studi

Pemilihan program studi harus relevan dengan akreditasi dan reputasi kampus serta memilih program studi yang peluang karirnya di masa depan masih tersedia dan selalu di pakai. Karena hal ini merupakan syarat mutlak untuk anda yang ingin kuliah karena apalagi program studi yang tidak sesuai dengan  minat dan bakat dan tidak relevan untuk pengembangan diri kita untuk apa dipilih, dan akan membuang energi dan waktu saja.

  1. Kurikulum dan Metode Pembelajaran

Hal lain yang harus diperhatikan ketika memilih kurikulum dan metode pembelajaran adalah harus up to date harus konperhensift dan sesuai dengan kebutuhan industri,  menyediakan peluang untuk mengembangkan keterampilan praktis.

  1. Dukunggan Karir Untuk Mahasiswa dan Lulusan

Karena hal ini perlu di pertimbangkan sebab alasan untuk uliah adalah agar karir yang di miliki sesuai dengan harapan, Faktor ini penting untuk mempersiapkan Anda dalam memasuki dunia kerja dengan kepercayaan diri.

  1. Biaya dan Beasiswa

Perhitungkan juga biaya kuliah dan kemungkinan mendapatkan beasiswa Perhitungkan juga biaya kuliah jari kampus yang akses nya mudah atau  mungkin dekat rumah dan manfaatkan kemungkinan mendapatkan beasiswa seperti Beasiswa KIP Kuliah dan lain lain.

Feri Prasetyo selaku kepala kampus Universitas BSI kampus Pemuda mengatakan ada beberapa pertimbangan sebelum memilih kuliah setelah pasca pandemi. Hal ini menjadi sangat penting terutama saat memilih kuliah karena akan berkaitan dengan karir dimasa depan.

“Memutuskan untuk daftar kuliah bukanlah hal yang main-main karena kita akan menjalani studi selama kurang lebih empat tahun. Maka dari itu kita harus mempersiapkan segalanya, terutama saat akan memilih jurusan kuliah atau program studi. Berbeda saat sekolah, di perkuliahan kita akan mempelajari satu bidang ilmu saja secara mendalam,” jelasnya.

Baca Juga: Ingin Tahu Cara Terbaik Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Potensi Diri? Yuk, Simak 4 Caranya Berikut Ini!

Ia mengatakan sebagai rekomendasi Universitas BSI dapat menjadi salah satu alternatif pilihan kuliah, karena program studinya yang banyak dan up to date. Seleksi jalur beasiswa KIP (Kartu indonesia Pintar ) bisa di manfaatkan bagi yang memiliki prestasi namun memiliki keterbatasan biaya. Untuk daftar kuliah juga mudah tanpa harus datang kekampus cukup klik https://pendaftaran.bsi.ac.id/ atau download aplikasi PMB BSI di google playstore.(RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.