Pelatihan Pembuatan Konten Digital Dengan Praktis dan Mudah untuk Karang Taruna Desa Kebocoran Kecamatan Kedungbanteng 

0 288

BSINews, Banyumas – Karang Taruna selaku organisasi yang diisi para pemuda diharapkan menjadi garda terdepan yang mampu menggerakkan dan membawa inovasi di desa. Terlebih, saat ini memasuki era revolusi industri 4.0, kemudahan untuk berkreativitas dan akses informasi terbuka lebar, tidak hanya di perkotaan tetapi juga di tingkat desa, terutama di dalamnya dalam memanfaatkan aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat konten digital baik yang gambar ataupun video yang baik dan menarik.

Baca Juga : Tingkatkan Promosi UMKM Hend’z Florist Aglonema Depok, Dosen Universitas BSI Gelar Pelatihan Pengelolaan SDM Dengan Membuat Aset Konten Digital

Oleh karena itu, untuk membantu karang taruna dalam memanfaatkan konten digital, dosen dan mahasiswa Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses menggelar kegiatan Pengabdian Masyarakat (PM), Jum’at (12/5), berlokasi di Balai Desa Kebocoran, Jalan Kebocoran Nomer 31 Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53152.

Eva Argarini, selaku ketua pelaksana dari PM mengatakan tujuan dari pelatihan ini ini untuk memperkenalkan dan memasarkan kegiatan melalui media digital dalam membantu pembuatan konten yang menarik sebagai media promosi kegiatan di Desa Kebocoran dengan menggunakan media sosial.

”Dalam membuat konten digital, perlu ada sebuah apalikasi desain untuk dapat digunakan sebagai media promosi, salah satunya canva yang menjadi tools  untuk membuat desain yang menarik, oleh karena itu kami melakukan pelatihan kepada anak-anak karang taruna, agar nantinya mereka dapat mendesain dan membuat konten digital yang menarik,”ungkap Eva, dalam keterangan tertulis, Sabtu (20/5).

Sementara itu, Triadi Widianto, selaku pemateri mengatakan setidaknya ada 7 manfaat dari aplikasi canva, diantaranya dapat membuat presentasi, membuat konten instagram untuk feed, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Pelatihan Pembuatan Konten Digital

“Manfaat dari aplikasi canva yaitu digunakan untuk membuat presentasi mirip .ppt, membuat konten instagram untuk feed, Story, dan Ads dengan pilihan animasi atau static, mendesain postingan media social, mengedit video untuk berbagai platform, mendesain poster/fyler/brosur/iklan, membantu menyusul format resume atau curriculum vitae dan menyusul info grafis. Sebagai platform pembuatan desain memiliki segudang tools dan fitur” tutur Triadi.

Ia berharap dengan adanya pelatihan ini dapat diharapkan anggota karang taruna memiliki peningkatan kemampuan dan pengetahuan dalam menggunakan aplikasi canva.

“Kami berharap denga adanya pelatihan ini dapat memberikan manfaat yakni anggota karang taruna memiliki peningkatan kemampuan dan pengetahuan dari penggunaan aplikasi canva secara optimal,”pungkas Triadi.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.