Sosialisasi Pemanfaatan Desain Grafis dalam Menciptakan Peluang Bisnis

0 60

BSINews, Jakarta  – Dosen Fakultas Teknik dan Informatika (FTI), Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses melakukan pengabdian masyarakat berupa Sosialisasi Pemanfaatan Desain Grafis dalam Menciptakan Peluang Bisnis di RPTRA Mardani Asri Cempaka Putih Jakarta, pada Sabtu (20/5).

Baca Juga : Maksimalkan Penjualan Produk Pelaku UKM PKK, Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Desain Grafis

Endang, selaku pemateri menjelaskan desain grafis dapat dimanfaatkan untuk menciptakan peluang bisnis di masa sekarang. Ketersediaan platform online marketplace yang beragam memberikan ruang yang luas bagi para pelaku usaha untuk memanfaatkan teknologi khususnya desain grafis. Tampilan atau desain produk yang menarik dapat meningkatkan penjualan produk. Jadi penting untuk memahami desain grafis dalam menunjang bisnis.

“Marketplace yang beragam harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menopang pemasaran produk yang dihasilkan oleh RPTRA Mardani Asri Cempaka Putih Jakarta. Hal ini membuat dosen Universitas BSI mengadakan sosialisasi pemanfaatan desain grafis dalam menciptakan peluang bisnis untuk dapat diterapkan pada beragam aplikasi media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Tiktok, Shopee, Tokopedia, Youtube, dan Whatsapp sebagai sarana pemasaran produk RPTRA Mardani Asri Cempaka Putih Jakarta. Target pemasaran perlu ditentukan, untuk itu menjadi keharusan untuk menguasai strategi marketing yang tepat sesuai ketersediaan marketplace,” ujarnya dalam keterangan rilis, Sabtu (20/5).

Sementara itu, Rahmat Hidayat, selaku ketua pelaksana menambahkan penggunaan desain grafis dalam bisnis sangat berpeluang untuk meningkatkan pendapatan khususnya untuk pelaku usaha dari RPTRA Mardani Asri Cempaka Putih Jakarta.

“ Ada banyak peluang  bisnis di masa sekarang, tetapi pemanfaatan desain grafis memberikan peluang bisnis lebi menjanjikan karena semua platform media social membutuhkan hadirnya desain grafis untuk mempercantik tampilan produk-produk yang dipasarkan, maka desain grafis ini sangat menjanjikan untuk menambah pundi-pundi pendapatan khususnya bagi pelaku usaha di RPTRA Mardani Asri Cempaka Putih Jakarta,” ungkap Rahmat.

Baca Juga :Keahlian Desain Grafis Bisa Mudah Dipelajari dengan Canva 

Endang menambahkan, adanya pelatihan ini dapat menambah pengetahuan pelaku usaha di RPTRA Mardani Asri Cempaka Putih Jakarta. Selain itu, mereka juga dapat mengimplementasikan secara langsung ilmu yang dibagikan baik individu maupun untuk kepentingan kelompoknya. Endang menambahkan bahwa desain grafis dapat diterapkan untuk beberapa jenis bisnis, diantaranya bisnis jualan desain di Microstock, bisnis kartun, desain situs web, bisnis jual font, jual jasa desain, membuat program pelatijan desain grafis, menjadi youtuber, bisnis print on demand, bisnis rancang buku anak-anak, menjadi blogger desainer, Untuk bisa melirik bisnis tersebut perlu menguasai strategi desain grafis. Lewat pemaparannya, Endang mengetengahkan beberapa strategi diantaranya selalu update trend, adaptif terhadap kebutuhan customer, lakukan promosi dengan gencar, dapat melihat peluang bisnis jasa desain grafis.

Selain itu, Endang menyebutkan bahwa untuk menjadi desainer grafis dapat dimulai dengan membuat ruang kerja yang nyaman, menyiapkan ijin bisnis, menciptakan relasi yang luas, promosi iklan, persipkan perangkat dan tempat bisnis, dan menentukan modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis desain grafis. Dan ada beberapa  perlu memperhitual yang merupakan kesalahan dalam bisnis desain grafis diantaranya  kualitas keterbacaan hasil desain yang buruk, terlalu banyak menggunakan font, salah pilih warna, plagiat, dan tidak konsisten dengan bisnisnya.

“Dengan penguasaan desain grafis dan memahami strategi bisnis desain grafis serta mempertimbangkan kesalahan dalam bisnis desain grafis dipercaya daifs Tips dalam membat menciptakan peluang bisnis yang beragam. Mari manfaatkan desain grafis semaksimal mungkin”, pungkasnya.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.