Membuat Admin Panel dengan Laravel Backpack

0 397

Solo  BSINewsJika anda ingin membuat sebuah website atau aplikasi web dengan admin panel, maka anda akan memerlukan sebuah framework untuk membantu anda membangunnya dengan mudah dan cepat. Salah satu framework yang bisa digunakan adalah Laravel Backpack.

Baca Juga: Dukung Perkembangan IT, Prodi Sistem Informasi Akuntansi Adakan Workshop Laravel

Laravel Backpack adalah sebuah framework yang dibangun di atas Laravel, sebuah framework PHP populer untuk membangun aplikasi web. Dengan Laravel Backpack, anda memiliki akses mudah ke fitur-fitur yang dibutuhkan untuk membangun sebuah admin panel, seperti autentikasi, otorisasi, manajemen file, dan manajemen gambar.

Keuntungan menggunakan Laravel Backpack adalah anda tidak perlu menulis kode dari awal, karena fitur-fiturnya sudah tersedia. Selain itu, Laravel Backpack juga menangani masalah keamanan dan performa, sehingga anda dapat berkonsentrasi pada pengembangan fitur.

Untuk menggunakan Laravel Backpack, anda perlu menginstalnya ke dalam proyek Laravel anda. Setelah itu, anda bisa membuat model dan database untuk digunakan di dalam admin panel menggunakan fitur CRUD. Kemudian, konfigurasikan admin panel dengan mudah menggunakan fitur-fitur yang sudah disediakan oleh Laravel Backpack atau tambahkan fitur tambahan seperti manajemen file dan gambar dengan paket-paket yang tersedia.

Galih Setiawan Nurohim selaku staf marketing komunikasi (markom) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Solo mengatakan mahasiswa juga diajarkan tentang Laravel dalam program studi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI karena popularitasnya dalam membangun aplikasi web.

“Dengan menguasai Laravel, mahasiswa dapat membangun web app dengan cepat dan efisien, serta meningkatkan kemampuan mereka dalam mengembangkan aplikasi web yang kompleks dan ramah pengguna. Laravel juga memiliki fitur-fitur yang berguna seperti routing yang fleksibel, ORM yang kuat, dan sistem autentikasi yang aman,” ujarnya.

Ia juga mengatakan dengan menggunakan Laravel, mahasiswa dapat membangun web app dengan cepat dan efisien. Selain itu, dengan menguasai Laravel, mahasiswa juga dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam mengembangkan aplikasi web yang kompleks dan ramah pengguna. Laravel menjadi skill yang akan dikuasai oleh mahasiswa di kampus BSI yang berlokasi sangat dekat dengan Masjid Sheikh Zayed Solo.

Baca Juga:Himasa Universitas BSI Gelar Workshop Pemrograman Laravel

“Laravel juga memiliki banyak fitur yang berguna dalam membangun web app, seperti routing yang fleksibel, ORM yang kuat, sistem autentikasi yang aman, dan lain-lain. Dengan menguasai Laravel, mahasiswa dapat membangun web app yang memenuhi standar industri dan dapat bersaing di pasar kerja yang semakin ketat,” tandasnya.(RDX)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.