Apa Saja yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memulai Ujian di Universitas BSI?

0 129

BSINews, Sukabumi – Dalam satu semester pembelajaran di kampus, mahasiswa akan menemukan waktu ujian. Biasanya, dalam satu semester bertemu dua kali ujian, yakni ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS).

Sistem ujian di Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) dilakukan secara online. Semuanya melalui internet. Jadi, bagi para mahasiswa Universitas BSI yang hendak akan melaksanakan ujian, harus memperhatikan beberapa hal, terutama dalam perangkat yang digunakan.

Baca juga : BSI Digination Tingkatkan Digital Kreatif pada Siswa SMK se-Jakarta Barat bidang Teknologi Informasi

Menurut Technical Support (TS) Universitas BSI kampus Sukabumi, A. Gunawan mengatakan, Universitas BSI ujiannya melalui internet, jadi harus menyiapkan perangkat yang baik.

“Pastikan perangkat kita berfungsi dengan baik. Sementara kita bisa melakukan perawatan untuk memastikan perangkat tersebut berfungsi dengan baik,” katanya, dalam keterangan tertulis, Kamis (8/6).

Berikut adalah beberapa tips untuk melakukan perawatan terhadap perangkat laptop :

1. Periksa komponen hardware

Pastikan laptop atau komputer kamu sudah berfungsi dengan baik dengan memeriksa koneksi daya dan baterai laptop. Jangan sampai ketika akan ujian, tidak bisa konek ke internet dan baterai tidak terisi penuh. Selain itu, pastikan layar, keyboard, touchpad semuanya berfungsi dengan baik.

Periksa juga koneksi port USB, audio, dan HDMI, jika digunakan untuk perangkat tambahan seperti mouse, earphone atau proyektor.

2. Pembaruan sistem operasi dan perangkat lunak

Pastikan sistem operasi (misalnya Windows, macOS, atau Linux) di perangkat kamu diperbarui dengan versi terbaru dan memiliki semua pembaruan keamanan yang diperlukan. Selain itu, perbarui juga perangkat lunak penting seperti browser web, office, dan antivirus ke versi terbaru.

3. Periksa koneksi internet

Jika ujian dilakukan secara daring, pastikan koneksi internet stabil dan memiliki kecepatan yang memadai. Jika menggunakan Wi-Fi, pastikan koneksi ke jaringan Wi-Fi yang tepat.

4. Backup data penting

Jika  memiliki dokumen atau data penting yang akan digunakan selama ujian, pastikan untuk mengambil salinan cadangan (backup) data tersebut. Hal ini dapat mencegah kehilangan data akibat kerusakan perangkat atau kejadian tak terduga lainnya.

5. Periksa perangkat lunak ujian

Jika ada perangkat lunak khusus yang harus diinstal atau digunakan selama ujian, pastikan untuk menginstalnya sebelum waktu ujian. Pastikan perangkat lunak tersebut berfungsi dengan baik dan sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh kampus.

6. Coba uji perangkat

Sebelum ujian, lakukan uji coba sederhana dengan menggunakan perangkat lunak yang akan digunakan selama ujian. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik dan tidak ada masalah yang tidak terduga.

Baca juga : BSI Digination Universitas BSI kampus Cilebut Tuai Pujian

Selain langkah-langkah di atas, pastikan juga untuk membaca petunjuk dan persyaratan ujian yang diberikan oleh kampus. Jika ada persyaratan khusus, seperti penggunaan perangkat tertentu atau perangkat lunak, pastikan untuk memenuhinya sebelum waktu ujian.

Leave A Reply

Your email address will not be published.