Dosen Universitas BSI Kampus Pontianak Beri Workshop Penggunaan WhatsApp Business Kepada UMKM

0 95

BSINews, Pontianak – Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak sukses menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Masyarakat (PM), Sabtu (17/6) berlokasi di Gedung UMKM Center Kota Pontianak.

Kegiatan yang bertajuk “Workshop Pemanfaatan WhatsApp Business Untuk UMKM” tersebut, diikuti oleh 26 peserta yang pelaku UMKM dari Mitra UMKM Keluarga Khatuliswa dan terdiri dari enam anggota tim Pengabdian Masyarakat, yakni Kartika Handayani, Badariatul Lailiah, Erni,  dan Ardiyansyah.

Baca Juga : Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Pemanfaatan Whatsapp Business Untuk Meningkatkan Interaktifitas Komunikasi

Kartika Handayani, selaku ketua pelaksana dari kegiatan PM menjelaskan bahwa kegiatan ini terselenggara atas kolaborasi dengan Agus Ramlan selaku ketua UMKM Keluarga Khatuliswa dan Umi Rosidah selaku Fasilitator UMKM Level Up.

“Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan kolaborasi dengan UMKM Keluarga Khatulistiwa dan Fasilitator UMKM Level Up. Selain itu, kegiatan ini juga disponsori oleh Transera Hotel dan Ros Konsultan yang menyediakan doorprize untuk peserta sehingga kegiatan ini lebih menarik,” jelas Kartika dalam keterangan tertulis, Senin (19/6).

Sementara, Ardriyansyah selaku Narasumber menjelaskan bahwa meteri pada kegiatan kali ini dimulai dari pengenalan WhatsApp Business sampai proses instalasi dan penggunaan fitur fitur yang berguna untuk UMKM.

“Kami sampaikan terkait perbedaan WA biasa dan WA Bisnis. Kemudian karena sifatnya adalah workshop, maka ada praktek juga terkait instalasi dan penggunaan fitur WA Bisnis seperti pembuatan profil bisnis, pembuatan katalog, pesan diluar jam kerja dan balas cepat,” papar Andriyansyah.

Ia melanjutkan, pendampingan ini tidak hanya selesai hari itu saja. Namun juga dilakukan pendampingan selama 1 bulan kedepan melalui WhatsApp Group dengan peserta pendampingan online WA Group sebanyak 81 peserta.

“Pendampingan ini tidak hanya selesai hari itu saja, melainkan pendampingan ini dilakukan selama satu bulan kedepan melalui aplikasi WhatsApp Group,” lanjutnya.

Baca Juga : Belajar Daring, Dosen UBSI Tasikmalaya Diberikan Pelatihan Memanfaatkan Whatsapp Dan Google Sheet Untuk Mengelola Data

Kemudian, Umi Rosidah mengungkapkan bahwa peserta yang hadir sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut, Peserta yang hadir tidak hanya berasal dari Kota Pontianak saja.

“Namun juga ada yang berasal dari Kabupaten Sintang dan Kayong. Saya berharap semoga kegiatan ini dapat dilaksanakan di tahun berikutnya, dengan kegiatan sejenis dan tema berbeda yang dapat mendukung kemajuan UMKM khususnya di Kalimantan Barat,” pungkas Umi Rosidah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.