Dosen Universitas BSI Kampus Pontianak Adakan Pelatihan Media Sosial untuk Dukung UMKM di Pontianak

0 32

Pontianak, BSINews – Kemajuan teknologi dan ketersediaan fasilitas media sosial memberikan peluang besar bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk memperluas pemasaran dan meningkatkan bisnis mereka ke skala yang lebih besar. Memanfaatkan aktivitas sehari-hari dan platform media sosial sebagai alat promosi, UMKM dapat membangun kepercayaan konsumen terhadap kualitas dan kuantitas produk yang mereka jual.

Terdapat berbagai platform media sosial yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk, seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan banyak lainnya. Semua platform ini memiliki potensi untuk meningkatkan penjualan jika dikelola dengan baik oleh UMKM, mulai dari pembuatan desain yang menarik, penggunaan kalimat yang menarik perhatian, hingga menyertakan testimoni dari pelanggan yang puas dengan produk mereka.

Baca juga: Tingkatkan Keterampilan Strategi Bisnis KWT Al-Mina Ciawi Bogor, Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Digital Marketing

Menyikapi hal ini, Dosen dari Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak, yang berasal dari Fakultas Teknik dan Informatika, mengadakan pengabdian masyarakat berupa pelatihan Media Sosial bagi penggiat UMKM di Pontianak. Pelatihan ini dilaksanakan pada Sabtu (8/7) di Café Bright Kota Pontianak.

Safitri Linawati selaku Ketua Pengabdian Masyarakat Universitas BSI kampus Pontianak, menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan tentang penggunaan media sosial serta membantu UMKM menjaga kepercayaan konsumen melalui media sosial.

“Seringkali kita hanya menggunakan media sosial untuk saling mengikuti. Namun, bagi UMKM, ini merupakan kesempatan besar untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka. Baik itu menerima kritik maupun saran, UMKM dapat melakukan kontrol kualitas terhadap produk yang mereka hasilkan,” jelasnya.

Safitri menambahkan bahwa media sosial dapat mempererat hubungan antara penjual dan pelanggan sehingga produk UMKM dapat lebih dikenal dan konsumen akan kembali untuk membeli. Jika dimanfaatkan secara maksimal, produk tersebut bahkan dapat merambah pasar internasional.

Baca juga: Tingkatkan Pengelolaan Kas UMKM, Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Zahir Accounting Pada Para UMKM Desa Bojong Sawah

“Pelatihan Media Sosial yang diadakan oleh Universitas BSI Kampus Pontianak merupakan upaya nyata untuk mendukung UMKM dalam memanfaatkan kekuatan media sosial guna mengembangkan bisnis mereka,” ujarnya.

Ia mengatakan, dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh melalui pelatihan ini, diharapkan UMKM di Pontianak dapat tumbuh dan berkembang dalam era digital yang terus maju.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.