Pahami Etika Makan, Mahasiswa Program Studi Administrasi Perkantoran Ikuti Kegiatan Table Manner

0 163

BSINews, Jakarta–Program Studi Administrasi Perkantoran Universitas BSI  (Bina Sarana Informatika) sukses menyelenggarakan kegiatan Table Manner pada 21 dan 22 Juni 2023. Acara tersebut dilaksanakan di Asyana Hotel Kemayoran dengan peserta yang hadir secara keseluruhan sejumlah 167 yang merupakan mahasiswa-mahasiswi semester 2.

Baca Juga: Pahami Ilmu Table Manner dari Dosen Universitas BSI

Kegiatan ini dibagi kedalam dua sesi yakni sesi pertama dimulai pukul 9.00 -12.00 WIB dan sesi kedua dimulai pada pukul 13.00-17.00 WIB. Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh moderator, kemudian sambutan oleh dosen pendamping, selanjutnya dilaksanakan kegiatan Table Manner yang diikuti oleh seluruh peserta dan dipandu oleh pihak hotel.

Inggit selaku dosen pendamping dalam kegiatan table manner tersebut dari Universitas BSI mengatakan acara pertama adalah penjelasan materi Table Manner yang disampaikan oleh pemateri dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara peserta dan pemateri. Peserta dijelaskan mengenai jenis-jenis peralatan makan dan penggunaanya, tata cara makan dan minum, dan etika makan dan minum secara internasional lalu mempraktikannya secara langsung.

“Setelah penjelasan materi, makanan pembuka disajikan dan peserta menyantap makanan dengan tata cara yang telah dijelaskan sebelumnya. Makanan yang disajikan berurutan dimulai dengan hidangan pembuka (appetizer), soup, makanan utama (main course), dan hidangan penutup (dessert),” jelas Inggit dalam keterangan tertulis Rabu, (5/7/23).

Lanjutnya menurutnya,  kegiatan dilanjutkan dengan hotel tour yang didampingi oleh empat orang tour guide hotel untuk empat kelompok dalam setiap sesinya. Dalam hotel tour ini, peserta diberikan penjelasan mengenai setiap bagian yang terdapat dalam hotel. Setelah kegiatan berakhir seleuruh peserta melakukan sesi foto bersama.

Baca Juga: Pahami Ilmu Table Manner dari Dosen Universitas BSI

“Mempelajari etiket di meja makan bukan sekadar mengetahui tata krama saat makan atau menggunakan alat makan. Menguasai table manner juga merupakan bentuk citra diri, bahkan profesionalisme. Pemahaman yang baik seputar table manner bahkan memengaruhi kesuksesan karier atau bisnis serta bentuk dari profesionalisme,” tutupnya.(RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.