Mahasiswa Universitas BSI Ikuti Kegiatan Gerakan Cerdas Memilih di UPB Pontianak

0 6

Pontianak, BSINews —  Wanty Eka Jayanti yang merupakan dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menjadi pemateri dalam kegiatan Gerakan Cerdas Memilih RRI Pontianak, yang diselenggarakan di Gedung Convention Center kampus Universitas Panca Bhakti Pontianak, pada Kamis (6/7/2023).

Baca juga : Mahasiswa Harus Andil Dalam Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024

Kegiatan ini dihadiri oleh 250 peserta yang terdiri dari pelajar SMA/SMK serta beberapa mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya, salah satunya Mahasiswa Universitas BSI kampus Pontianak. Gerakan Cerdas memilih edukasi untuk pemula menuju pemilu 2024. Wanty menjelaskan gerakan ini dirancang untuk memberikan informasi yang objektif, mendidik pemilih tentang isu-isu penting, dan mendorong partisipasi aktif dalam proses demokrasi.

“Gerakan Cerdas Pemilihan merupakan ajakan kepada semua pemilih untuk berperan aktif dalam demokrasi dan mengambil keputusan yang berdampak pada masa depan negara kita. Melalui informasi yang terpercaya, dialog yang sehat, dan partisipasi yang aktif, kita dapat memastikan bahwa suara kita didengar dan perubahan yang positif dapat terjadi,” ujar Wanty.

Ia turut menambahkan bahwa pelajar atau mahasiswa bukan lagi pemilih pemula karena sedari duduk di bangku sekolah dasar sudah belajar tentang pemilihan maka dari itu pelajar/mahasiswa dapat dikatakan sebagai pelaku.

Gerakan Cerdas Memilih

“Dari Gerakan Cerdas Memilih ini diharapkan pelajar dan mahasiswa dapat meningkatkan kesadaran politik di kalangan pemilih. Semoga pemilu di tahun 2024 mendatang para pemilih menjadi lebih sadar akan pentingnya partisipasi dalam pemilihan dan memahami dampaknya terhadap masyarkat dan negara,” tandasnya.

Sementara itu, kegiatan ini dihadiri pula oleh Muhammad Syarifuddin Budi Ketua KPU Provinsi Kalimantan Barat, Dr Purwanto selaku Rektor UPB Pontianak, Walikota Pontianak, Ir Edi Rusdi Kamtono serta Ireng Maulana yang merupakan Pengamat Politik.

Muhammad Syarifuddin Budi menuturkan bahwa pemuda adalah kekuatan cerdas dalam pemilu.

“Jadilah pilar demokrasi yang kuat, suara kalian memiliki kekuatan untuk membentuk masa depan. Mari bersama-sama mengambil peran aktif dalam pemilu, dengan bijaksana memilih pemimpin yang mampu mewujudkan perubahan positif. Kalian adalah agen perubahan, jadilah inspirasi bagi generasi mendatang. Bersatu, berpikir kritis, dan berjuang demi masa depan yang lebih baik. Pemilu adalah panggung kalian, jangan sia-siakan hak pilih kalian. Bersama, kita bisa membuat perbedaan,” tuturnya.

Baca juga : BEM Universitas BSI Kampus Karawang Ikuti Sosialisasi Pengawasan Partisipatif untuk Pemilu 2024

Sedangkan Purwanto menegaskan untuk memilih figur yang memiliki latar belakang berintegrasi.

“Mereka yang mengerti pentingnya memahami dan menghormati perbedaan. Mereka yang membangun jembatan antara beragam kelompok dan menjunjung tinggi persatuan. Dalam era digital ini, akses terhadap informasi telah menjadi lebih mudah daripada sebelumnya, maka dari itu cari lah pemimpin yang mempunyai latar belakang terintegritas,” tutupnya. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.