Dosen Universitas BSI memberikan Penyuluhan Pemanfaatan Dan Pemahaman Literasi Digital Dalam Era Transformasi

0 52

BSINews, Tangerang–Dalam menghadapi era transformasi digital yang semakin pesat, Majelis Ta’lim Faizul Haq di Cisauk, Tangerang telah mengambil langkah maju dalam pemanfaatan dan pemahaman literasi digital bagi para santri. Hal ini diimplementasikan dengan tujuan untuk membekali mereka dengan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dalam menyongsong tantangan zaman yang terus berkembang.

Baca Juga: Pelatihan Literasi Digital Pada Panti Asuhan Adinda

Sebagai wujud kepedulian dalam memberikan penyuluhan bagi masyarakat, dosen Universitas Bina Sarana Informatika memberikan penyuluhan dengan tema “Pemanfaatan Dan Pemahaman Literasi Digital Dalam Menghadapi Era Transformasi Untuk Santri Majelis Ta’lim Faizul Haq Cisauk Tangerang yang berlokasi di Perumahan Griya Suradita Indah Blok O5 No.1 RT 014 RW 009 Cisauk Tangerang.

Arif Nurhidayat selaku pemateri mengatakan bahwa berbagai aspek literasi digital kepada para santri. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, berbagai langkah telah diambil untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan teknologi di lingkungan pendidikan ini.

“Salah satu upaya utama adalah pengenalan teknologi informasi dan komunikasi secara menyeluruh, termasuk keterampilan dasar dalam menggunakan perangkat teknologi. Selain itu, para santri juga diberikan pemahaman tentang etika digital, hak cipta, dan pentingnya menjaga keamanan data pribadi agar dapat berpartisipasi dalam dunia digital dengan bijaksana dan bertanggung jawab,” jelas Arif dalam keterangan tertulis pada Rabu, (2/8/23).

“Dalam menghadapi perubahan zaman yang begitu cepat, penting bagi para santri untuk memiliki literasi digital yang kuat agar mereka dapat menghadapi tantangan masa depan dengan percaya diri. Di Majelis Ta’lim Faizul Haq, kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan literasi digital para santri kami agar mereka dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan menggunakannya secara positif,” tambahnya.

Sementara itu,  ketua pelaksana Bambang Wijonarko menjelaskan bahwa kegiatan PM ini merupakan Agenda Tri Darma Perguruan Tinggi. Yang diadakan setiap semester  dalam  bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Baca Juga: Dosen Universitas BSI Kenalkan Media Teknologi Informasi Untuk Literasi Digital Pada Anak Sejak Dini

“Acara ini disambut baik oleh seluruh peserta, dan mereka mengakui pentingnya literasi digital dalam kehidupan mereka saat ini dan masa depan. Para santri dan tenaga pendidik menyatakan komitmen mereka untuk terus mengembangkan pemahaman tentang literasi digital dan mengaplikasikannya dalam kegiatan sehari-hari,” tutupnya.(RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.