Kontribusi Mahasiswa Universitas BSI Kampus Purwokerto dalam Pengembangan Aplikasi Organisasi

0 25

Purwokerto, BSINews – Era digital telah mendorong setiap organisasi untuk memanfaatkan teknologi dalam menjalankan operasional bisnisnya. Salah satu aspek krusial dalam penerapan teknologi ini adalah penggunaan sistem informasi, yang memiliki dampak signifikan pada efektivitas kerja dan budaya organisasi baik di tingkat tim maupun individu.

Dalam konteks ini, pendidikan tinggi memiliki peran penting sebagai jembatan antara dunia pendidikan dan industri/masyarakat, seperti mahasiswa Program Studi Sistem Informasi di Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Purwokerto mengambil peran proaktif dalam mendukung organisasi dalam mengatasi tantangan ini.

Baca juga: Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Aplikasi Website Bank Sampah

Melalui proyek sistem informasi yang diintegrasikan dengan tugas akhir mereka, mahasiswa Universitas BSI kampus Purwokerto berhasil mengembangkan berbagai aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis organisasi.

Beberapa contoh proyek sistem informasi yang telah diimplementasikan mencakup Sistem Informasi Relawan PB pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Banyumas Berbasis Web, Sistem Informasi Rawat Inap Klien di BRSKP NAPZA ‘Satria’ Baturraden Berbasis Website, Sistem Informasi Pendaftaran Sumber Daya Manusia (SDM) pada Kampung Marketer Berbasis Website, Sistem Informasi E-Arsip Management (SIEMAN) pada Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Banyumas, Rancang Bangun Sistem Informasi Job Order Berbasis Web pada RSU Harapan Ibu Purbalingga, dan berbagai proyek lainnya.

Menurut Eva Argarini Pratama selaku Kaprodi Sistem Informasi Universitas BSI kampus Purwokerto, “Proyek-proyek sistem informasi ini bukan hanya membantu organisasi dalam menjawab tantangan digital, tetapi juga memberikan manfaat yang substansial bagi mahasiswa. Selain mendukung kompetensi, proyek ini meningkatkan nilai tambah bagi lulusan kami, sambil memberikan manfaat yang lebih luas bagi industri, masyarakat, dan organisasi.”

Baca juga: Serah Terima Aplikasi Lapor Desa Karya Mahasiswa Universitas BSI Untuk Desa Lemahmulya Karawang

Ia menjelaskan, proyek-proyek ini bukan hanya sekadar tugas akhir, tetapi juga upaya konkret dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan di dunia nyata.

“Harapan ke depan adalah agar pemanfaatan teknologi dan sistem informasi dalam pendidikan tinggi terus mendorong perkembangan organisasi dan memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan industri dan masyarakat,” tandasnya.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.