Sinkronisasi Kurikulum Program Studi Akuntansi Universitas BSI Telah Sukses Dilaksanakan

0 56

Jakarta, BSINews–Program Studi (prodi) Akuntansi Fakultas Ekonomi & Bisnis Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses mengadakan kegiatan sinkronisasi kurikulum dengan menghadirkan narasumber handal dari dunia usaha, dunia insdustri, dan dunia kerja. Kegiatan ini berlangsung secara daring pada Selasa, 2 Agustus 2023.

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi Prodi Akuntansi jenjang S1 dan D3 perlu melakukan upgrade kurikulum pembelajaran untuk meningkatkan kualitas lulusan yang benar-benar dibutuhkan oleh dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja (DUDIKA).

Baca juga: Hadirkan Alumni Dan Mitra Profesional, Universitas BSI Gelar Sinkronisasi Kurikulum

Sinkronisasi Kurikulum Prodi Akuntansi

Rapat sinkronisasi kurikulum ini diikuti oleh ketua prodi (kaprodi) Akuntansi, seluruh staf program studi, praktisi akuntansi dari dunia usaha dan industri, serta Alumni Prodi Akuntansi Universitas BSI siap untuk bekerjasama sesuai dengan bidang ilmu yang dimiliki.

Syamsul Bahri selaku Kaprodi Akuntansi dalam sambutannya menyampaikan sinkronisasi kurikulum sangat penting dilakukan mengingat pesatnya perkembangan teknologi dalam dunia industri dan usaha.

“Dengan kegiatan ini diharapkan dunia Pendidikan perlu menyiapkan lulusan yang berkualitas dengan adanya sinkronisasi antara ilmu yang dimiliki dengan daya serap tenaga kerja yang dibutuhkan dunia usaha dan industri,” katanya dalam rilis yang diterima, Senin (14/8).

Dalam agenda kali ini Prodi Akuntansi menghadirkan 2 orang narasumber dari praktisi yaitu Sriyanti selaku praktisi akuntansi dari PT Uni Gemilang Sentosa dan Wulandari selaku praktisi akuntansi dari Lazuardi Cordova School, dan juga 2 orang alumni prodi Akuntansi S1 dan D3 Akuntansi.

Dalam materinya, Wulandari mengatakan bahwa kebutuhan Akuntansi dalam dunia usaha dan industri merupakan peran mendasar sebagai penyedia informasi.

“Dunia usaha dan dunia kerja menjadi sumber jawaban untuk segala urusan yang berhubungan dengan keuangan Perusahaan,” ujarnya.

Selanjutnya, Sriyanti menyikapi kebutuhan teknologi yang sangat tinggi dalam mendorong produktivitas kinerja, maka calon tenaga kerja dituntut untuk siap beradaptasi dengan penggunaan teknologi terutama pada aplikasi akuntansi.

Baca juga: Prodi Periklanan Sinkronisasi Kurikulum Dengan mitra Dunia Usaha dan Dunia Industri

Pada kesempatan ini, Sandy merupakan lulusan D3 Akuntansi Universitas BSI merasakan bagaimana adopsi teknologi di tempat ia bekerja saat ini.

Menurutnya, di tengah-tengah maraknya perkembangan teknologi saat ini memang merupakan tuntutan keras bagi perguruan tinggi atau Lembaga pendidikan untuk menyelaraskan pembelajaran yang berbasis teknologi.

Senada dengan hal itu, Dea Maidayanti yang merupakan lulusan S1 Akuntansi menambahkan tidak hanya aplikasi teknologi namun juga dituntut untuk pengembangan analitic logical berpikir dalam menganalisis kasus-kasus yang terkait dengan akuntansi di masa kini, kemudian pembelajaran seharusnya lebih banyak mengenai Pratik dan project. (UMF)

Leave A Reply

Your email address will not be published.