Universitas BSI Kuatkan Kualitas Kegiatan Belajar Mengajar dan Pendidikan

0 13

Jakarta, BSINews – Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kegiatan belajar mengajar dengan melaksanakan evaluasi semester genap 2022/2023 serta persiapan perkuliahan semester gasal 2023/2024. Langkah ini merupakan upaya berkelanjutan untuk memberikan layanan terbaik kepada mahasiswa.

Dalam pertemuan ini, ada empat topik utama dibahas diantaranya evaluasi dan persiapan kegiatan belajar mengajar tahun ajaran 2023/2024 oleh Sriyadi, evaluasi & persiapan konseling dan konseling praktek kerja lapangan oleh Supriyanta, integrasi penelitian dan pengabdian masyarakat dengan pembelajaran oleh Abdussomad, evaluasi dan persiapan tugas akhir dan skripsi serta teknik asesmen CPMK oleh M. Sony Maulana dan Agung Wibowo.

Baca juga: Dukung Program MBKM, Prodi Sistem Informasi Gelar Rapat Penyusunan POB Dan Pengakuan Kredit MBKM

Pada sesi pertama, evaluasi dan persiapan kegiatan belajar mengajar tahun ajaran 2023/2024 dibahas dengan fokus pada partisipasi dosen program studi Sistem Informasi dalam kegiatan belajar mengajar dan akreditasi.

“Universitas BSI telah mendapatkan predikat “baik sekali” untuk Universitas BSI kampus Yogyakarta, Universitas BSI kampus Tasikmalaya, Universitas BSI kampus Kerawang, dan Universitas BSI kampus Purwokerto dalam proses akreditasi,” tutur Sriyadi.

Prodi Sistem Informasi juga melakukan pemantauan dalam proses kegiatan belajar mengajar melalui pengisian Berita Acara Pengajaran (BAP) yang mencakup bahan kajian, materi perkuliahan, dan kehadiran dosen.

“Konseling dosen penasehat akademik juga ditekankan dalam membantu mahasiswa meningkatkan prestasi akademik dan memberikan solusi terkait masalah akademik atau non akademik. Setiap semester, konseling dilakukan sebanyak empat kali dengan laporan yang harus disusun oleh dosen penasehat akademik,” ungkapnya.

Ia mengatakan, Praktek Kerja Lapangan (PKL) pada semester 5 dan 7 merupakan komponen penting dalam kurikulum. Mahasiswa diharuskan mengunduh dan mempelajari panduan PKL yang diterbitkan oleh Universitas BSI sebagai pedoman dalam melaksanakan PKL. Laporan PKL juga harus diunggah pada waktu yang telah ditentukan.

Selanjutnya, pada sesi tentang evaluasi dan persiapan tugas akhir/skripsi, dosen pembimbing diminta untuk bersinergi dalam mendampingi mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir/skripsi. Pembimbing harus mendorong mahasiswa untuk menghasilkan karya yang berkualitas, termasuk dalam bentuk HaKI (Hak Kekayaan Intelektual).

Baca juga: Tingkatkan Karya Mahasiswa Melalui Persamaan Persepsi Mata Kuliah Prodi Sistem Informasi Universitas BSI Kampus Pontianak

Di sesi terakhir, dibahas tentang asesmen pembelajaran program studi. Status akreditasi saat ini mengalami perubahan dari tidak terakreditasi menjadi terakreditasi oleh lembaga akreditasi internasional. Program Studi berupaya untuk mendapatkan status akreditasi yang unggul.

“Semua upaya ini dilakukan untuk menjadikan Program Studi Sistem Informasi Universitas BSI sebagai yang terbaik dan dikenal oleh masyarakat. Dengan meningkatkan proses belajar mengajar dan evaluasi yang komprehensif, Universitas BSI bertekad untuk melahirkan lulusan yang mampu bersaing dan memiliki kemampuan analitis serta kepribadian yang luhur,” tandasnya.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.