Tips Awal Perkuliahan Bagi Mahasiswa Baru

0 544

Bogor, BSINews–Tips awal kuliah dapat mempermudah perkuliahan di tahun ajaran baru. Diawali dengan semangat yang baru pula, banyak lulusan SMA/SMK dan sederajatnya melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi dengan menggantungkan banyak harap juga cita-cita.

Awal kuliah menjadi langkah besar dalam perjalanan pendidikan dan perkembangan karier nantinya. Namun, sebagai mahasiswa baru tidak sedikit yang masih bingung dalam menentukan langkah awal perkuliahan.

Menurut Sugiono selaku kepala kampus Universitas BSI kampus Bogor mengatakan awal kuliah menjadi langkah penting dalam menapakkin tangga perjuangan baru menuju masa depan, mahasiswa baru perlu tips untuk mulai langkah baru.

“Di awal kuliah dengan semangat yang masih membara ini, tentu menjadi awal yang baik untuk menyusun rencana dan strategi saat menimba ilmu pengetahuan,” tegasnya.

Baca juga: Tips Membuat CV yang Menarik HRD Agar Cepat Accept

Tips Saat Memulai Kuliah:

 

Atur Harapan:

Pahami bahwa peran sebagai mahasiswa baru membawa tantangan baru. Bersiaplah untuk menghadapi perubahan lingkungan, tuntutan akademik yang lebih tinggi, dan pengalaman baru.

Kenali Lingkungan Kampus:

Kenali lokasi gedung perkuliahan, perpustakaan, sarana ibadah dan fasilitas lainnya di kampus. Ini akan membantu Anda merasa lebih nyaman dan percaya diri.

Ikuti Orientasi Mahasiswa Baru:

Pastikan mengikuti kegiatan orientasi akademik atau ORMIK yang diselenggarakan kampus. Ini akan membantu  memahami lebih baik tentang kampus, fasilitas dan para karyawan atau staf yang bertugas pada tiap-tiap bagiannya.

Buat Rencana Studi:

Pelajari program studi Anda dan buat rencana studi dan targetkan bidang-bidang yang ingin dikuasai nantinya hal ini akan membantu lebih fokus pada studi dan keilmuan serta menghindari kebingungan dalam belajar sehingga tidak memiliki fokus keilmuan pada saat lulus nantinya.

Manfaatkan Sumber Daya Akademik:

Pelajari sumber daya akademik yang tersedia di kampus, seperti perpustakaan, laboratorium, dan pusat bantuan akademik.

Bangun Kebiasaan Belajar yang Baik:

Mulailah dengan kebiasaan belajar yang baik sejak awal. Tetapkan jadwal belajar yang konsisten, hindari menunda-nunda tugas, dan cari lingkungan yang tenang untuk belajar.

Jalin Hubungan Sosial:

Cobalah untuk berkenalan dengan teman sekelas dan mahasiswa lain. Jalin hubungan sosial yang positif karena ini akan memperkaya relasi dan pengalaman kampus.

Bergabung dalam Organisasi atau Himpunan:

Cari organisasi atau himpunan yang sesuai dengan minat maupun studi. Dengan bergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler dapat membantu membangun koneksi dan keterampilan di luar kelas.

Mengelola Waktu dengan Baik:

Belajarlah untuk mengatur waktu dengan efektif antara kuliah, belajar, istirahat, dan aktivitas sosial. Ini akan membantu menjaga keseimbangan dalam kehidupan kampus.

Bertanya jika Tidak Tahu:

Jangan ragu untuk bertanya kepada dosen, karyawan atau teman jika tidak memahami suatu materi atau konsep. Mengajukan pertanyaan adalah cara efektif untuk memahami dengan lebih baik.

Cari Bantuan Jika Diperlukan:

Jika mengalami kesulitan akademik atau pribadi, jangan ragu untuk mencari bantuan dari dosen, konselor, atau pembimbing akademik.

Jaga Keseimbangan Emosi dan Kesehatan:

Tetap jaga keseimbangan antara tugas akademik dan kesehatan mental. Luangkan waktu untuk beristirahat, berolahraga, dan menjalani hobi.

Tetap Terbuka untuk Pembelajaran:

Jadilah siswa yang terbuka untuk belajar dari berbagai sudut pandang dan pengalaman. Universitas adalah tempat untuk mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang dunia.

Tetapkan Tujuan dan Pantau Kemajuan:

Tetapkan tujuan akademik dan pribadi yang ingin dicapai selama masa kuliah.

Nikmati Perjalanan:

Akhirnya, nikmati setiap momen dalam perjalanan kuliah. Ini adalah peluang unik untuk tumbuh, belajar, dan menyalurkan hobi.

Senantiasa arsipkan Dokumen:

Selama menempuh perkuliahan pastinya akan banyak dokumen-dokumen yang dihasilkan seperti hasil ujian, laporan nilai, struk pembayaran dan dokumen lainnya. Selama masih menjadi mahasiswa pastikan semua dokumen tersebut tersimpan dengan baik dan rapih sebagai bukti apabila diperlukan nantinya.

Baca juga: Tips dan Trik Menyusun Proposal Bisnis

Sugiono menyampaikan masa kuliah merupakan masa yang menyenangkan namun ingatlah bahwa adaptasi mungkin memerlukan waktu, jadi bersabarlah dengan diri sendiri saat beradaptasi dengan lingkungan kampus dan selalu fokus pada target studi yang akan diselesaikan.

“Semoga dengan tips ini, mampu mengantarkan anda pada langkah awal yang baik menuju sukses di masa depan,” tutupnya. (UMF)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.