Universitas BSI kampus Bogor Gelar Ormik bagi Mahasiswa Baru

0 11

Bogor, BSINews – Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Bogor mengadakan kegiatan Orientasi Akademik (ORMIK) yang bertujuan untuk Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB). Kegiatan ini dilaksanakan secara offline di Universitas BSI kampus Bogor yang berlokasi di Jalan Merdeka, Bogor. Sesi pertama dilaksanakan pada Kamis dan Jumat, 14 September 2023, dan sesi kedua diadakan pada tanggal 15 September 2023.

ORMIK adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan serentak di seluruh kampus UBSI, baik di kampus Utama maupun di kampus PSDKU. Kegiatan ORMIK tahun 2023 mengangkat tema ‘Explore Your Creativity’ dan dihadiri oleh Mahasiswa Baru (maba) yang terbagi menjadi dua sesi.

Baca juga: Melalui Ormik: Mahasiswa Baru Universitas BSI Karawang Siap Memulai Perjalanan Akademik

Acara ini dibuka oleh moderator Dini Nurlaela selaku dosen Universitas BSI, yang menyambut mahasiswa baru dengan penuh semangat. Dini memberikan informasi tentang tujuan dan maksud dari acara ini.

Selanjutnya, sambutan disampaikan oleh Sugiono selaku Kepala Kampus Universitas BSI kampus Bogor. Ia mengatakan bahwa mahasiswa baru telah memasuki dunia perkuliahan dan harus memahami peran dan tanggung jawab mereka.

Sugiono juga menyampaikan seberapa pentingnya mengubah pola pikir terkait waktu, kemandirian, dan tanggung jawab sebagai mahasiswa. Ia mengajak mahasiswa untuk menggali potensi sesuai dengan tema acara hari ini, karena Universitas BSI siap membantu mahasiswa dalam mengembangkan potensi mereka.

Pemaparan materi selanjutnya disampaikan oleh dua narasumber. Narasumber pertama, yaitu Sunarti yang menjelaskan aspek akademik terkait visi dan misi Universitas BSI kampus Bogor, Fakultas yang tersedia di Universitas BSI, serta sistem perkuliahan.

“Mahasiswa akan mengikuti 16 pertemuan perkuliahan yang mencakup Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Akhir Semester (UAS), dan jika nilai kurang memuaskan, mahasiswa dapat melakukan perbaikan (HER),” ujarnya.

Lebih lanjut, mahasiswa juga diarahkan untuk menginstal aplikasi e-ktm dan mystudent UBSI, yang merupakan aplikasi resmi untuk mahasiswa Universitas BSI. Sunarti juga memberikan pengertian mengenai tata tertib kampus, termasuk larangan membawa senjata tajam.

Narasumber kedua, Octa Pratama Putra menjelaskan aspek non-akademik terkait organisasi mahasiswa (ORMAWA), yang terdiri dari MPM, BEM, UKM, dan Himpunan Mahasiswa. Octa juga mendorong mahasiswa untuk aktif dalam berorganisasi, karena melalui organisasi, mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan public speaking, kepemimpinan, serta memperluas jaringan.

Baca juga: Universitas BSI Sambut Maba Dengan Menggelar ORMIK

Ia menegaskan pentingnya menghindari status ‘mahasiswa kupu-kupu’ (kuliah pulang), ‘kunang-kunang’ (kuliah nangkring), dan ‘kura-kura’ (kuliah rapat), serta aktif mengikuti kegiatan untuk meraih prestasi.

Universitas BSI kampus Bogor berkomitmen untuk memberikan pengalaman belajar yang bermanfaat dan mendukung perkembangan mahasiswa baru dalam aspek akademik dan non-akademik.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.