Tingkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Untuk Remaja Melalui Bercerita Ulang Menggunakan Pertanyaan Panduan Pada EEC

0 227

BSINews, Tangerang Selatan – Bahasa inggris merupakan salah satu bahasa internasional yang sering digunakan untuk berkomunikasi. Terdapat empat aspek kemampuan dalam berbahasa yang diajarkan dalam berbahasa inggris diantaranya reading, writing, listening, dan speaking, dan untuk di Perguruan Tinggi lebih difokuskan ke dalam pengembangan dari keempat kemapuan tersebut.

Baca Juga : Tingkatkan kemampuan bahasa inggris bagi dosen, UBSI Tasikmalaya Gelar Workshop And English Preparation for TOEFL Test

Maka dari itu, dosen Program Studi (Prodi) Bahasa Inggris Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses menggelar kegiatan Pengabdian Masyarakat (PM) bersama Remaja Easy English Course, Sabtu (16/9) berlokasi di Jl. Amil Mena No.1, Pd. Jagung, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten.

Nurhayati selaku Ketua Pelaksana mengatakan bahwa kegiatan PM yang yang beranggotakan beberapa dosen diantaranya Fitri Apriyanti dan Yenni Arif Rahman serta melibatkan beberapa mahasiswa.

“Kegiatan PM ini membahas terkait pelatihan kemampuan berbicara bahasa inggris melalui bercerita ulang menggunakan pertanyaan, Sebab hal tersebut diambil karena kurangnya kesempatan bagi siswa untuk belajar berbicara dan metode mengajar yang digunakan oleh para guru di sekolah karena kurang dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa,” ujar Nurhayati dalam keterangan tertulis, Sabtu (16/9).

Baca Juga : Prodi Sistem Informasi Akuntansi Bekali Lulusan Dengan Penguasaan Bahasa Inggris Melalui Sertifikasi TOEFL

Ia menjelaskan ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan kompetensi berbicara dalam bahasa inggris, salah satunya dengan bercerita ulang menggunakan pertanyaan panduan.

“Menceritakan kembali adalah strategi yang digunakan untuk menentukan seberapa baik siswa,memahami cerita tertentu. Menceritakan kembali dapat digunakan sebagai alat yang efektif dalam meningkatkan pemahaman serta selama menceritakan kembali, guru memperoleh wawasan tentang bagaimana siswa mengumpulkan informasi yang ditawarkan dalam sebuah teks. Maka dari itu, semoga dengan adanya kegiatan PM ini dapat membantu para remaja Easy English Courseuntuk mendapatkan ilmu dan wawasan terkait bahasa inggris” pungkas Nurhayanti.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.