Public Speaking dan Pemanfaatan Teknologi dalam Berwirausaha

0 121

BSINews, JakartaDosen Fakultas Teknik dan Informatika Universitas BSI (Bina Sarana Informasi) sukses menggelar pengabdian masyarakat untuk memenuhi Beban Kerja Dosen (BKD) dengan tema Publik Speaking dan Pemanfaatan Teknologi Dalam Berwirausaha, Sabtu (23/9) berlokasi di RPTRA Mardani Asri Cempaka Putih Jakarta.

Endang, selaku pemateri menguraikan bahwa Publik Speaking dapat didukung lewat pemanfaatan teknologi  dalam upaya menciptakan peluang bisnis.

“Desain produk yang menarik dan eye-catching juga merupakan bentuk public speaking. Lay-out flier sebuah produk, desain iklan baik berupa image ataupun video juga merupakan wujud dari public speaking dalam arti luas. Ada transfer ide lewat desain produk yang menarik, disitulah letak public speaking dalam dunia bisnis yang serba digital,” ujar Endang.

Baca Juga : Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Public Speaking Bagi Kelompok Wanita Tani

Ia menambahkan agar semangat berwirausaha, dosen Universitas BSI mengadakan kegiatan PM dengan mengajarkan kepada para peserta akan tampilan produk yang eye-catching, oleh karena itu dapat memanfaatkan teknologi dalam mendukung keberhasilan dari public speaking.

“Agar semangat berwirausaha semakin tinggi, maka dosen Universitas BSI mengadakan sosialisasi public speaking dan pemanfaatan teknologi dalam berwirausaha kepada para peserta dari RPTRA Mardani Asri Cempaka Putih Jakarta,” ujar Endang, dalam keterangan tertulis, Sabtu (23/9).

Sementara itu, Ela Nurelasari, selaku ketua pelaksana menambahkan, bahwa kemampuan public speaking perlu dipertimbangkan saat mendesain iklan dari sebuah produk karena seni persuasifnya sangat mempengaruhi para buyer.

 Baca Juga : Pengajar Harus Kuasai Skill Public Speaking

“Dengan adanya sosialisasi ini dapat menambah pengetahuan para wirausahamuda di RPTRA Mardani Asri Cempaka Putih Jakarta. Selain itu, desain grafis bisa dikatakan sebagai wujud lain dari public speaking. Transfer ide dapat diterapkan untuk beberapa jenis bisnis, diantaranya bisnis jualan, menjadi influencer, menjadi youtuber,” ungkap Ela.

Endang, menyebutkan bahwa untuk menguasai public speaking bagi pemula ada beberapa hal yang dapat dilatih antara lain, Penguasaan materi dan poin-poin penting, memahami audiens, juga menggunakan bahasa tubuh atau kontak mata. Dalam hal inilah iklan produk menjadi cerminan dari kemampuan public speaking.

“Dengan penguasaan public speaking dan pemanfaatan teknologi dapat meningkatkan target penjualan yang pada akhirnya akan menumbuhkan semangat berwirausaha yang berkesinambungan ,” pungkasnya.   

Leave A Reply

Your email address will not be published.