Dosen Universitas BSI Hadiri Seminar Nasional dalam Rangka Hari Statistik Nasional Tahun 2023

0 16

Purwokerto, BSINews – Dalam rangka memperingati Hari Statistik Nasional Tahun 2023, Ina Maryani selaku Kaprodi Sistem Informasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Purwokerto, telah menghadiri Seminar Nasional bertajuk ‘Big Data Strategies For Government, Society, and Policy Makers’. Acara ini diadakan di Krisna Ballroom Java Heritage Hotel pada Rabu (27/9).

Seminar Nasional ini diikuti oleh 570 peserta secara online melalui platform Zoom dan dihadiri secara langsung oleh 170 peserta. Acara seminar ini berhasil mempertemukan berbagai elemen masyarakat serta beberapa instansi terkait, termasuk perwakilan dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Banyumas, akademisi, dan praktisi.

Baca juga: Universitas BSI Kampus Purwokerto Kerja Sama dengan PMI dan BNN Dalam Acara PKKMB

Kegiatan ini dibuka oleh Suprih Handayani, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Banyumas, dan selanjutnya diawali dengan sambutan Dr. Dadang Hardiawan, S.Si, M.Si dari BPS Jawa Tengah.

“Seminar ini bertujuan membahas penggunaan Big Data dalam pengambilan keputusan, tata kelola pemerintahan, dan peningkatan layanan publik yang lebih baik,” tuturnya.

Dua narasumber terkemuka juga dihadirkan dalam seminar nasional ini. Salah satunya adalah Prof. Setia Permana, seorang ahli di bidang data dan akademisi. Narasumber lainnya adalah Ir. Agus Laksono, seorang praktisi dari PT. Telkom Indonesia, Tbk.

Baca juga: Universitas BSI Kampus Purwokerto Gandeng BNN Kabupaten Banyumas Cegah Penyalahgunaan Narkoba

Agus Laksono menyatakan, “Untuk mengimplementasikan Big Data dengan sukses, diperlukan strategi yang tepat, seperti penggunaan teknologi yang sesuai dan pelatihan staf. Manfaat Big Data sangat besar dalam meningkatkan efisiensi dan akurasi data”.

Sementara itu, Ina Maryani selaku Kaprodi Sistem Informasi Universitas BSI kampus Purwokerto mengungkapkan, “Sangat senang bisa diundang dalam acara ini. Ini telah menambah wawasan dan pengetahuan kami tentang Big Data serta manfaatnya dalam pemerintahan dan layanan publik. Kami berharap Kabupaten Banyumas dapat semakin maju berkat pemanfaatan Big Data”.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.