Peningkatan Kesadaran Keamanan Siber Dalam Pemanfaatan Internet Bagi Anggota Koperasi Wanita Atsiri

0 74

BSINews, Bogor – Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Masyarakat, Sabtu (23/9) berlokasi di Koperasi Wanita Atsiri (Kopwan Atsiri) di Citayam, Kabupaten Bogor.Kegiatan tersebut sebagai salah satu langkah dalah memberikan kontibusi kepada masyarakat.

Kegiatan PM ini melibatkan beberapa dosen terkait antara lain, Ade Surya Budiman, Fahrizal, Nur Ali Farabi, dan Erwin Setyawan dan dua mahasiswa lainnya. Dengan maksud dan tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang potensi bahaya kejahatan siber

Baca Juga : Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Edukasi Internet Sehat

Ade Surya Budiman, sebagai ketua PM Universitas BSI, mencatat bahwa anggota Kopwan Atsiri telah secara luas mengadopsi penggunaan internet dalam berbagai aspek aktivitas mereka.

“Penggunaan internet telah menjadi sangat signifikan dalam komunikasi, seperti penggunaan email dan aplikasi pesan instan, serta dalam mendukung promosi dan berbagai kegiatan bisnis yang mereka lakukan. Penggunaan internet ini telah membawa dampak positif pada efektivitas dan efisiensi semua aktivitas yang dilakukan oleh anggota Kopwan Atsiri,” ujar Ade Surya Budiman, dalam keterangan tertulis, Sabtu (23/9).

Ia menjelaskan lebih lanjut, bahwa di balik sisi positif dari penggunaan internet terdapat juga sisi negatif yang perlu diwaspadai.

“Dengan pemahaman akan risiko yang terkait, sebagai institusi yang berbagi fokus dalam pendidikan, terutama dalam ranah informasi dan teknologi, kami, para dosen dari Universitas BSI, merasa penting untuk meningkatkan kesadaran dan keterampilan khusus dalam penggunaan internet yang aman bagi para pendidik yang tergabung dalam Koperasi Wanita Atsiri (Kopwan Atsiri) di Kabupaten Bogor,” tambahnya.

Baca Juga : Prodi RPL Universitas BSI Gelar Pelatihan Internet of Things (IoT) untuk Dosen

Sementara itu, menanggapi hal ini salah satu peserta Pengabdian Masyarakat yang merupakan anggota Kopwan Atsiri mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat karena banyak hal yang baru bagi peserta mengenai risiko penggunaan internet.

“Saya ucapkan kepada dosen Universitas BSI yang telah memabagikan ilmunya kepada kita, karena dengan ini saya dapat mengetahui lebih lanjut dan membuka wawasan harus berhati-hati dalam menggunakan internet, Hal ini juga menjadi bekal dalam menyusun rencana pengawasan penggunaan internet di lingkungan organisasi, terutama dalam menjaga keamanan siber,” pungkas Fiko, salah satu anggota Kopwan Atsiri.

Leave A Reply

Your email address will not be published.