Universitas BSI Sukses Menyelenggarakan Workshop Penyusunan Dokumen dan Pengukuran Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

0 2

BSINews, Jakarta-Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di bidang informatika dan komputer, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses menyelenggarakan Workshop Penyusunan Dokumen dan Pengukuran Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Bagi Program Studi Bidang Informatika & Komputer. Kegiatan dilaksanakan secara hybrid pada tanggal 10 Oktober 2023 secara luring di Gedung Rektorat Universitas BSI dan Daring melalui Zoom Meeting.

Baca Juga: Review Dokumen Prosedur Operasional Baku ( POB) Sebagai Implementasi Hibah AKPT Prodi Sastra Inggris

Pelaksanaan Workshop ini diikuti oleh 35 peserta yang merupakan Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Ka.Biro, Ketua Program Studi dari Fakultas Teknik & Informatika (Bidang INFOKOM), Ka.BPMA dan LPPM.

Workshop ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang konsep Outcome Based Education (OBE) serta penerapannya dalam menyusun dokumen dan mengukur capaian pembelajaran lulusan (CPL).

Narasumber dalam kegiatan ini yaitu Noor Akmad Setiawan dari Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Universitas Gadjah Mada. Dengan pengalaman dan pengetahuannya yang luas, Noor Akmad Setiawan berbagi wawasan tentang konsep Outcame Based Education (OBE) dan relevansinya dalam konteks penyusunan dokumen serta pengukuran capaian pembelajaran lulusan, terutama dalam ranah bidang Informatika & Komputer.

Rektor Universitas BSI, Prof Dr Ir Mochamad Wahyudi dalam sambutannya menjelaskan bahwa dalam kegiatan ini akan lebih banyak diskusi dengan narasumber tentang Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL).

“Hari ini kita lebih banyak diskusi semacam FGD terkait pengukuran CPL karena khususnya di LAM INFOKOM yang ada di kriteria 9 outcam (luaran) itu yang paling besar nilainya dan salah satunya adalah kami melihat di LAM INFOKOM kalau belum dilakukan pengukuran terhadap CPL mustahil bisa nilainya bagus di point tersebut sementara nilainya lebih dari 50% di kriteria 9 itu. Jadi Bapak/Ibu harus serius cara mengukurnya bagaimana kemudian nanti kita tuangkan ke dalam sistem informasi. Mohon diikuti kegiatan workshop dengan baik, semoga bermanfaat untuk kita semua,” ngkap Prof Dr Ir Mochamad Wahyudi.

Baca Juga: Peningkatan Kualitas Mahasiswa Prodi Manajemen Pajak UBSI Melalui Workshop Basic Accounting 2021

Selain itu, Prof Dr Ir Mochamad Wahyudi juga berharap Workshop ini akan memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada para peserta mengenai strategi dan metodologi yang efektif dalam mengevaluasi dan memperbaiki proses pembelajaran serta menjamin kualitas lulusan dalam menghadapi tuntutan dunia kerja yang semakin kompleks di era digital.

“Semoga hasil dari kegiatan ini nantinya akan menjadi luaran yang bisa kita gunakan dalam pengukuran di Program Studi Universitas Bina Sarana Informatika,” tegasnya.(RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.