Dosen Universitas BSI Bantu Tingkatkan Efektifitas Kegiatan Operasional di UMKM

0 25

Tangerang, BSINews – Tim dosen dari Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Jakarta telah sukses melaksanakan program pengabdian masyarakat berupa pelatihan untuk ibu-ibu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Gelam Jaya, Jalan Villa Regency Tangerang II No. 01, Desa Gelam Jaya, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Sabtu (21/10).

Isroni selaku Ketua Pelaksana pengabdian masyarakat, menjelaskan bahwa program pengabdian masyarakat ini difokuskan pada peningkatan efektivitas kegiatan operasional di UMKM. Kegiatan ini dilaksanakan dengan bantuan beberapa dosen dan mahasiswa Universitas BSI.

Baca juga: Dosen Universitas BSI Berikan Pemahaman Perlunya Manajemen Komunikasi Berbasis Teknologi untuk UMKM

“Program pengabdian masyarakat merupakan kewajiban para dosen untuk berkontribusi dengan berbagi pengetahuan kepada masyarakat sehingga terjalin hubungan yang baik,” ujar Isroni.

Sementara itu, Rudianto, tutor materi pengabdian masyarakat, menjelaskan bahwa peserta pelatihan diberikan pembelajaran tentang cara meningkatkan keterampilan manajemen dan efisiensi operasional dalam rangka meningkatkan produktivitas. Pelatihan selama setengah hari ini mencakup praktek yang fokus pada pemasaran, keuangan, manajemen sumber daya manusia, penggunaan teknologi baru, penerapan inovasi, dan peningkatan manajemen rantai pasok.

“Sebagian besar pelaku UMKM belum memahami cara meningkatkan efektivitas operasional mereka dengan mengasah keterampilan manajemen dan mengadopsi teknologi baru,” jelas Rudianto.

Baca juga: Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Pembuatan Merek Dagang Sebagai Identitas Bisnis Dan Perlindungan Hukum UMKM

Salah satu peserta pelatihan, Supriyanti, yang juga menjabat sebagai Lurah Gelam Jaya, menegaskan bahwa pelatihan seperti ini sangat bermanfaat bagi para pelaku UMKM. Ia mengungkapkan bahwa banyak UMKM yang masih memerlukan panduan tentang cara meningkatkan efektivitas operasional dan daya saing mereka di pasar.

“Kami berharap pengetahuan yang kami peroleh dari pelatihan ini dapat diterapkan dalam mengelola usaha kami,” ucap Supriyanti.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.