Inovasi Pemasaran Digital Melalui CapCut: Upaya Dosen Universitas BSI Tingkatkan Daya Saing UMKM

0 22

Bogor, BSINews – Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) KAMPUS Bogor melalui kelompok pengabdian masyarakat yang diketuai oleh Achmad Baroqah Pohan dan beranggotakan tiga dosen serta dua mahasiswa dari jurusan Sistem Informasi, turut memberikan kontribusi dalam mengatasi tantangan pemasaran bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kelurahan Paledang, Kota Bogor, pada Sabtu, 4 November 2023.

Dengan mengadopsi inovasi pemasaran digital melalui aplikasi CapCut, kelompok ini berkomitmen untuk meningkatkan daya saing UMKM, khususnya yang dikelola oleh para Ibu PKK di wilayah tersebut.

Baca juga: Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Penggunaan Capcut sebagai Media Pembelajaran yang Inovatif

Kelurahan Paledang, Kota Bogor, menjadi fokus kelompok pengabdian masyarakat Universitas BSI. Dosen-dosen dan mahasiswa terlibat dalam riset lapangan dan wawancara intensif dengan komunitas produktif penggerak Ibu PKK. Lokasi PKK kelurahan Paledang terletak di Jl. Selot No.18, RT.04/RW.08, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

Menurut Achmad, usaha mikro di lingkungan tersebut, terutama yang dikelola oleh para Ibu PKK, dihadapkan pada sejumlah kendala dalam meningkatkan pemasaran produk. Keterbatasan pengetahuan tentang strategi pemasaran modern, terutama yang berkaitan dengan teknologi digital, serta kurangnya pemahaman akan potensi media sosial dan platform digital menjadi tantangan utama. Terlebih lagi, keterbatasan dana untuk kampanye pemasaran sering menjadi hambatan yang signifikan.

“Aplikasi CapCut dipilih sebagai alat inovatif untuk menciptakan video promosi yang menarik dan efektif. Dalam pelatihan ini, peserta, terutama para pengurus PKK, merasa mendapatkan pengetahuan baru yang dapat diimplementasikan langsung dalam usaha mikro yang mereka kelola,” tuturnya.

Penerapan teknologi digital, khususnya melalui CapCut, diharapkan dapat memberikan dorongan positif bagi para pelaku UMKM di Kelurahan Paledang. Meningkatnya daya saing dan perluasan pangsa pasar diharapkan akan menjadi kontribusi berkelanjutan bagi pertumbuhan ekonomi lokal.

Baca juga: Pemanfaatan Aplikasi CapCut Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Santri Di Pondok Pesantren Qur’an Thaifah Manshurah Pondok Ranggon Jakarta Timur

Universitas BSI kampus Bogor berkomitmen untuk terus mendukung penguatan UMKM melalui inisiatif-inisiatif inovatif yang relevan dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan pasar,” tandasnya.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.