Pelatihan Microsoft Excel Dalam Mengelola Laporan Kas Pada Remaja DKM Masjid Al Manaar

0 21

BSINews, Tangerang – Aktivitas masyarakat Indonesia yang melibatkan orang cukup banyak dan beragam. Membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut. Sebaliknya akibat adanya kegiatan tersebut diperoleh juga dana masuk atau sumbangan baik dari anggota ataupun masyarakat umum yang jumlahnya tidak sedikit.

Hal tersebut tentu saja membuat Ketua DKM Masjid Al Manaar rutin dalam mengorganisir kegiatan-kegiatan keagamaan. Tidak hanya mengadakan kegiatan saja, namun setiap remaja pada DKM Masjid Al-Manaar harus mampu membuat pelaporan keuangan DKM Masjid Al Manaar yang matang bagaimana mengelola dan membuat laporan kas bulanan yang jelas dan tepat. Sekelompok Jema’ah atau remaja masjid kini mulai meningkat intensitas kegiatannya adalah DKM Masjid Al Manaar.

Baca Juga : Pelatihan Microsoft Excel Pada MTs Darul Hikmah Depok

Maka dari itu, dosen Fakultas Teknik dan Informatika Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), melaksanakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat (PM), Minggu, (22/10), berlokasi di Jalan Griya Surdita Blok 05 No.01 RT01 RW 009 Cisauk Tangerang Selatan.

Kegiatan yang bertajuk Pelatihan Microsoft Xxcel Dalam Mengelola Laporan Kas Pada Remaja DKM Masjid AL Manaar, melibatkan beberapa orang dosen antara lain, Agung Suprianto sebagai Ketua, Pungkas Budiyono sebagai Tutor dan Mohammad Noviansyah dan Wasan Saputra sebagai Tim Support dan Koorditaor pelaksana serta dalam PM melibatkan 2 mahasiswa yang bernama Della Agnes Elvira dan Galih Nur Sya’ban.

Agung Suprianto, Selaku ketua pelaksana keguatan menyampaikan kegiatan masyarakat merupakan salah satu bentuk pengaplikasian dosen dalam menjalan tridharma perguruan tinggi Unibersitas BSI.

“Selanjutnya kegiatan ini juga diharapkan, dapat memberikan ilmu pengetahuan kepada remaja DKM Masjid Al Manaar agar dapat membuat laporan kas bulanan sebagai transparansi dalam mengelola keuangan,” ujar Agung, dalam keterangan tertulis Senin (23/10).

Sementara itu, Pungkas Budiyono sebagai narasumber menyampaikan bahwa dalam membuat laporan kas bulanan sebagai transparansi mengelola keuangan, Remaja DKM Masjid Al Manaar juga dapat menggunakan fasilitas yanga ada agar dalam proses pembuatan laporan kas bulanan tersusun jelas, akuntabel, transparansi serta dapat dipertanggungjawabkan.

Baca Juga : Pelatihan Membuat Buku Kas Harian Dengan Menggunakan Microsoft Excel Pada Majelis Ta’lim Faizul Haq  

“Perkembangan teknologi dan keterbatasan kualitas kompetensi manusia yang masih menyusun laporan kas secara manual memaksakan seluruh remaja DKM Masjid Al Manaar wajib terlibat dalam upaya pengembangan diri terhadap teknologi. Hal tersebut membuat pengurus DKM Masjid Al Manaar harus mampu memikirkan strategi yang baik dalam proses manajerial kearah yang lebih baik terutama atau khususnya dalam membuat dan mengelola laporan kas bulanan. Dan hal teknis mengenai laporan kas, tidak hanya proses pencatatan saja namun juga meliputi rekapitulasi penghitungan yang tepat, akurat dan akuntabel. Untuk memudahkan dalam mencatat dan mengelola laporan kas. Salah satu solusinya adalah dengan memanfaatkan aplikasi Mirosoft Excel,” tandas Pungkas.

Leave A Reply

Your email address will not be published.