Akselerasi Transformasi Menuju Profesional di Bidang Informatika Digital

0 16

Jakarta, BSINews–Akselerasi transformasi mendorong adanya kemajuan dalam revolusi industri 4.0, sektor pendidikan diharuskan untuk menyesuaikan diri supaya bisa mengikuti perubahan yang terjadi. Untuk itu kolaborasi program studi (prodi) Sistem Informasi, prodi Teknologi Informasi dan prodi Rekayasa Perangkat Lunak di Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menyelenggarakan seminar yang bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa semester satu dengan informasi terkait dunia digital.

Seminar dengan fokus pada Akselerasi Transformasi Digital sebagai pendukung Ekonomi Kreatif telah sukses diselenggarakan di BSI Kampus Cengkareng, pada Kamis 7 November 2023, lalu.

Baca juga: Mahasiswa Universitas BSI Kampus Pontianak Diajak Menjelajahi Ekonomi Kreatif Melalui Akselerasi Transformasi Digital

Akselerasi Transformasi

Hadir sebagai pembicara dalam acara tersebut adalah Peter J. Kambey, yang menjabat sebagai IT Manager di PT Verra Inter Pangan (Red Bell), dan Ahmad Setiadi, yang merupakan Perwakilan dari Ketua Program Studi Fakultas Teknik dan Informatika Universitas BSI.

Ahmad Setiadi menyoroti pentingnya bagi mahasiswa untuk memperdalam pemahaman mereka tentang teknologi digital.

“Ini akan membuka peluang bagi mereka untuk tidak hanya menjadi pengguna, tetapi juga kontributor aktif dalam menciptakan aplikasi dan teknologi digital baru yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat,” katanya.

Dalam paparan materinya, Peter J Kambey menyarankan agar selama masa muda, kita harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi. Terlibat dalam berbagai proyek, memiliki fokus yang jelas pada tujuan yang diinginkan, serta belajar tentang semua aspek yang terkait dengan tujuan tersebut dalam bidang teknologi adalah kunci untuk mencapai kesuksesan.

“Kebijakan pemerintah telah memicu pertumbuhan digitalisasi di Indonesia, yang mengakibatkan percepatan transformasi digital menjadi salah satu yang tercepat di dunia. Indonesia telah mendominasi sektor ekonomi digital di Asia Tenggara. Terdapat tiga aspek kunci dalam memahami transformasi digital, yaitu transformasi digital itu sendiri, teknologi baru, dan pemasaran informasi,” papar Peter.

Baca juga: Akselerasi Transformasi Digital Hadirkan Peluang Mahasiswa Bersaing di Dunia Kerja

Ia juga membahas tentang evolusi teknologi digital yang telah terjadi di Indonesia dan pengalamannya yang luas dalam industri transformasi teknologi digital, termasuk pengembangan perangkat lunak, perancangan infrastruktur, dan kurikulum terkait teknologi digital yang implementasinya di Indonesia.

“Seminar tentang percepatan transformasi digital sangat krusial untuk memajukan ekonomi kreatif, dan ini adalah konsep fundamental yang harus terus dipahami oleh mahasiswa di semester awal. Hal ini bertujuan agar mereka dapat tumbuh menjadi individu yang independen, mampu mengasah keterampilan mereka, serta menemukan kesempatan bisnis yang relevan dengan area studi mereka sebelum lulus,” tegasnya. (UMF)

Leave A Reply

Your email address will not be published.