Mahasiswa Prodi RPL Universitas BSI Ikuti Seminar Transformasi Digital

0 17

Jakarta, BSINews – Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menggelar seminar Transformasi Digital, diikuti oleh mahasiswa semester 1. Acara ini dihadiri oleh Ir. Hedi M. Idris, Kepala Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi, Kominfo, sebagai narasumber utama, pada Senin, 27 November 2023.

Menurut Kaprodi RPL Universitas BSI, Ahmad Setiadi, acara ini memberikan kesempatan unik bagi mahasiswa dalam bidang rekayasa perangkat lunak untuk memahami peran penting transformasi digital dan pengembangan talenta digital dalam memajukan karir mereka.

Baca juga: Prodi RPL Universitas BSI: Peluang Emas di Era Digital

Berfokus pada pemahaman tantangan dan peluang transformasi digital di bidang rekayasa perangkat lunak, seminar ini membahas inovasi teknologi dan strategi adaptasi yang efektif. Ada 4 poin yang menjadi titik fokus Hedi, yakni:

1. Tantangan dan Peluang Transformasi Digital: Mendalami bagaimana inovasi teknologi mempengaruhi industri perangkat lunak dan strategi adaptasi yang efektif.
2. Keterampilan Digital yang Dibutuhkan: Menjelajahi keterampilan kunci dalam era digital, termasuk pemrograman, kecerdasan buatan, dan manajemen proyek perangkat lunak.
3. Studi Kasus Implementasi: Mendengarkan pengalaman praktis dari perusahaan-perusahaan terkemuka yang telah berhasil menerapkan transformasi digital dalam pengembangan perangkat lunak.
4. Pengembangan Talenta Digital di Lingkungan Pendidikan: Diskusi tentang peran perguruan tinggi dalam menghasilkan lulusan yang siap untuk menghadapi tuntutan industri di era digital.

“Seminar ini merinci bahwa menuju revolusi industry 4.0 membentuk disruptive innovation, di mana inovasi menciptakan produk baru dari ide bisnis lama untuk membuat produk lebih mudah dijangkau,” jelas Hedi.

Baca juga: Prodi RPL Laksanakan AMI Siklus 5

Ia memaparkan, pekerjaan baru yang tumbuh pada tahun 2026-2030 termasuk perancang kecerdasan buatan, perancang dan pengendali mesin otomasi, serta perancang software dan game online.

“Skill dan kompetensi yang dibutuhkan, seperti Achiever, Leader, Smart Thinker, Problem Solver, Innovator, dan Creativity, menjadi kunci sukses untuk menghadapi era digital ini,” tandasnya.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.