Universitas BSI: AI Jadi Sorotan yang Menggoda Rasa Ingin Tahu

0 24

Cikampek, BSINews — Pada acara Seminar Pemuda Digital bertema “Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Transformasi Pendidikan” yang diadakan oleh Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Cikampek, Selasa, 28 November 2023, Siti Fathonah, Ketua MGBK SMA Kabupaten Purwakarta, memberikan keynote speech yang berkesan bagi peserta di ballroom Hotel Harper Purwakarta.

Baca juga : Universitas BSI: AI Sebagai Pendorong Utama Perubahan di Berbagai Sektor

Siti mengatakan, tema yang diusung hari ini, kecerdasan buatan dalam transformasi pendidikan, sungguh menjadi sorotan yang menggoda rasa ingin tahu.

“Kita semua sepakat bahwa kita berada di era di mana teknologi, khususnya Artificial Intelligence, memiliki potensi untuk mengubah paradigma pendidikan secara mendasar,” tuturnya.

Dalam konteks pendidikan, AI bukanlah sekadar teknologi canggih, melainkan mitra setia dalam menciptakan pengalaman belajar yang lebih personal, adaptif, dan relevan. Guru bukan lagi satu-satunya sumber pengetahuan, AI membuka pintu lebar untuk penemuan ilmu yang lebih luas, mengikuti kecepatan dan gaya belajar unik setiap siswa.

AI Jadi Sorotan yang Menggoda Rasa Ingin Tahu

“Namun, selayaknya sebatang pohon yang tumbuh, pemanfaatan AI dalam pendidikan harus dijaga dan dikelola dengan bijak. Dalam kecanggihan teknologi, kita sebagai pemimpin pendidikan harus memastikan bahwa nilai-nilai kemanusiaan tetap terpatri dalam proses pembelajaran,” ungkapnya.

Mari kita jadikan AI sebagai alat yang mendukung, bukan menggantikan. Sebagai generasi muda yang cerdas, Anda memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ini. Jadilah pengguna teknologi yang bertanggung jawab, yang selalu menempatkan manfaat dan etika sebagai landasan setiap langkah yang diambil.

Baca juga : Seminar Pemuda Digital Ajak Pelajar Kenali AI sebagai Era Baru dalam Pembelajaran

“Universitas BSI, melalui seminar Pemuda Digital, telah memberikan kita peluang emas untuk meresapi pemahaman mendalam mengenai AI dalam pendidikan. Saya mengajak kita semua, terutama para siswa dan guru, untuk merespon panggilan ini dengan semangat eksplorasi dan keingintahuan yang tinggi,” tandasnya. (ACH/LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.