Universitas BSI Berikan Pelatihan Editing Video Pembuatan Konten Promosi Wisata di SDN Pangebatan

0 78

Purwokerto, BSINews – Sebagai salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi, LPPM Universitas BSI Kampus Purwokerto menyelenggarakan pengabdian masyarakat pada hari Senin, 4 Desember 2023 di SD Negeri Pangebatan, Kecamatan Karang Lewas.

Kegiatan ini dimulai pukul 11.00 WIB sampai dengan selesai, yang hadiri oleh siswa kelas 6 dan beberapa guru.
Kegiatan pengabdian masyarakat ini diketuai oleh Supriatiningsih, M.Kom dan sebagai tutor dalam pelatihan adalah Imam Soleh Marifati. Dalam pelaksanaannya kegiatan pengabdian juga dibantu oleh beberapa mahasiswa dari program studi Sistem Informasi dan Teknologi Komputer. Pengabdian masyarakat ini memberikan pelatihan penggunaan aplikasi Capcut dengan menggunakan handphone/smartphone berbasis Android. yang sangat membantu pada era 4.0 saat ini.

Baca Juga: Yayasan BSI Umumkan Beasiswa Jalur Undangan pada Seminar Pemuda Digital di Universitas BSI kampus Purwokerto

Dalam kesempatan ini, Supriatiningsih, M.Kom menyampaikan bahwa kegiatan dengan tema editing video pembuatan konten wisata dapat memberikan pengetahun dan kemampuan kepada peserta untuk membuat video konten wisata menggunakan aplikasi Capcut. Dengan membuat konten wisata, peserta pelatihan dapat membuat video mengenai objek-objek wisata yang ada disekitar lingkungannya untuk diperkenalkan ke masyarakat secara luas melalui media sosial.

“Kami berharap pengetahuan ini dapat bermanfaat bagi peserta dalam menggunakan smartphone secara positif”, demikian disampaikan oleh Supriatingsih, M.Kom. Sementara itu menurut Ina Maryani, M.Kom selaku Kaprodi Sistem Informasi menyampaikan bahwa pelatihan ini akan membuat siswa dapat menggunakan smartphone secara positif.

“Selain konten wisata, siswa juga dapat membuat video tentang berbagai hal yang menarik di lingkungannya, misalnya membuat video petani dalam menggarap lahan pertanian, kegiatan produksi industri rumah tangga, atau kegiatan lainnya”, imbuh Ina Maryani, M.Kom.

Baca Juga: Universitas BSI Kampus Purwokerto Jalin Kerja Sama dengan Universitas Selangor Malaysia

Dalam pemberian materi, Imam Soleh Marifati selaku tutor menjelaskan cara membuat konten video mulai dari merekam menggunakan smartphone, proses editing dengan menambahkan berbagai efek yang menarik hingga proses ekspor video ke beberapa media sosial seperti Tiktok, Instagram dan Youtube.

Sementara itu, beberapa peserta merasa mendapat pengetahuan baru. Hal ini karena mereka tidak tahu sebelumnya mengenai cara mengedit video yang sangat mudah menggunakan aplikasi Capcut. Pada awalnya mereka menganggap dibutuhkan perangkat komputer yang canggih untuk membuat konten video yang sedemikan rupa seperti yang sering dilihat pada media sosial, padahal sebenarnya dengan menggunakan smartphone yang mereka miliki sudah bisa digunakan dengan hasil yang memuaskan.

“Kami berterima kasih kepada Universitas BSI yang sudah memperkenalkan aplikasi Capcut. Kami jadi bisa membuat konten video yang menarik”, demikian disampaikan Alvino, salah satu siswa peserta dalam pelatihan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.