Agar Mahasiswa Dapat Bersaing, FTI Universitas BSI Hadirkan Seminar Karier

0 5

Jakarta, BSINews–Agar mahasiswa dapat bersaing, FTI Universitas BSI hadirkan seminar karier. Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) dikenal sebagai Kampus Digital Kreatif, telah menyelenggarakan sebuah seminar karir dengan tujuan untuk mempersiapkan para lulusannya agar memiliki kemampuan bersaing di pasar kerja. Seminar dengan judul ‘Build Your Portofolio for IT Career’ ini diadakan di Gedung Rektorat kampus Kramat pada Jumat 8 Desember 2023. Acara ini dihadiri oleh mahasiswa semester tiga dari program studi Sistem Informasi dan Sistem Informasi Akuntansi Fakultas Teknik dan Informatika.

Seminar ini diorganisir menjadi dua bagian, sesi pertama berlangsung di siang hari, sementara sesi kedua pada malam hari. Ketua Program Studi yang turut serta dalam seminar ini, Sriyadi dan Adi Supritana. Adapun narasumber yang memberikan materi dalam seminar karier ini yakni M Sapto Priyo Nugroho dari PT Pegadaian sebagai Manager Dept. Talent Acquisition dan Aria Wijaya dari G2Academy sebagai HR Business Partner.

Baca juga: Agar Mudah Bekerja atau Membuka Usaha, Mahasiswa Harus Persiapkan Beberapa Hal Ini

Agar Mahasiswa Universitas BSI Dapat Bersaing

Sriyadi, selaku Ketua Program Studi Sistem Informasi menegaskan dalam pidato pembukaannya bahwa seminar karier yang diselenggarakan oleh Universitas BSI.

“Ini sebagai langkah nyata dalam mengembangkan mahasiswa agar mereka tidak hanya terampil secara teknis, namun juga dilengkapi dengan softskill yang vital untuk keberhasilan di dunia kerja,” katanya.

Dalam paparan materinya, M Sapto Priyo Nugroho menyampaikan panduan tentang cara meningkatkan diri dan persiapan yang esensial untuk mencari pekerjaan, yang mencakup dari pembuatan CV hingga tahap wawancara.

Ia menyoroti pentingnya memiliki pengalaman organisasi, keterampilan yang dapat menjadi nilai jual, dan persiapan komprehensif untuk wawancara, termasuk pengetahuan mendalam tentang perusahaan target, presentasi diri yang profesional dan komunikasi yang meyakinkan.

Di lain waktu yang terpisah, Adi Supriyatna menyoroti bahwa seminar karier yang diselenggarakan Universitas BSI.

“Kegiatan ini sebagai bukti dedikasi mereka sebagai lembaga pendidikan yang berorientasi pada inovasi dan teknologi digital, dengan tujuan utama memberikan keterampilan interpersonal yang penting bagi lulusan untuk berhasil dalam dunia kerja yang kompetitif,” ungkapnya.

Baca juga: Dosen Universitas BSI Berikan Edukasi Penguatan Karakter Agar Bijak Menggunakan Media Sosial Pada Anak-anak

Narasumber kedua mengawali materinya dengan satu pertanyaan pembuka, “Dunia kerja memang tidak pernah sempurna, kalau kamu dihadapan pilihan, kamu yang mana nih? Gaji besar, lokasi kerja jauh. Lokasi dekat, gaji pas-pasan. Gaji besar, lokasi dekat, kerjaan ambyar. Kerja sesuai passion, lokasi dekat, gaji kecil,” tanya Aria Wijawa.

Menurutnya, untuk dapat siap terjun dalam dunia kerja, mahasiswa harus memiliki kemampuan untuk memahami dan menguasai pembuatan curriculum vitae (CV), karena CV merupakan representasi diri anda yang pertama bagi calon pemberi kerja. Kedua etika dalam melamar pekerjaan, berpakaian dan menjawab interview yang baik.

“Dengan serangkaian aktivitas yang diadakan oleh Program studi ditujukan untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi persaingan di pasar kerja, sesuai dengan disiplin ilmu yang telah mereka pelajari,” demikian penutup dari pembawa acara. (UMF)

Leave A Reply

Your email address will not be published.