Pemanfaatan Kecerdasan Buatan Sebagai Media Pendukung Pemasaran Produk UMKM Borneo Istimewa

0 126

Pontianak, BSINews — Populernya Artificial Intellegence (AI) atau Kecerdasan Buatan membuat meningkatnya platform penyedia AI. Kemudahan akses yang ditawarkan membuat Kecerdasan Buatan dapat dimanfaatkan untuk membantu kegiatan sehari-hari, termasuk dalam kegiatan bisnis UMKM. Namun, pelaku UMKM saat ini cenderung belum memahami cara pemanfaatan AI dalam bisnis.

Baca juga : Pelatihan Literasi Media Sosial Terkait Penanggulangan Hoax dan Misinformasi Pada UMKM Borneo Istimewa Pontianak

Hal ini yang membuat tim dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak yang terdiri dari Muhammad Iqbal, Muhammad Fahmi Julianto, Umi Khultsum dan Destiana Putri mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa Pemanfaatan Kecerdasan Buatan (AI) Sebagai Media Pendukung Pemasaran Produk UMKM, yang ditujukan pada UMKM Borneo Istimewa, pada Sabtu (9/12/2023).

Muhammad Iqbal selaku ketua pelaksana PM Universitas BSI kampus Pontianak menjelaskan deskripsi apa itu AI, jenis-jenis AI, tool-tools AI apa saja yang tersedia saat ini, hingga penjelasan bagaimana AI manfaatkan untuk kegiatan UMKM seperti media promosi atau pemasaran, analisa keuangan, analisa pasar dan pengelolaan investasi.

“Sebenarnya AI sudah banyak digunakan oleh masyarakat umum, seperti AI di kamera smartphone yang dapat memberikan hasil jepretan dengan kualitas yang lebih baik,” jelas Iqbal.

Pemanfaatan Kecerdasan Buatan

Selain itu, lanjutnya ada juga Google Asisstant yang sudah populer di kalangan masyarakat, di mana Google Assistant tersebut juga merupakan AI.

“Masyarakat awam sebenarnya sudah banyak yang pernah menggunakan AI, namun AI yang mereka gunakan biasanya hanya untuk kegiatan nonformal sehari-hari saja, seperti mengambil foto dengan kamera smartphone. AI perlu lebih dimaksimalkan untuk kegiatan ekonomi masyarakat agar tidak hanya sekedar jadi pelengkap keseharian,” ungkapnya.

Sementara itu, Ummi Kalsum salah satu pelaku UMKM Borneo Istimewa mengatakan kegiatan sangat memiliki manfaat yang baik untuk dirinya maupun rekan-rekan, karena dapat menambah wawasan untuk memanfaatkan AI dalam pengembangan produk terutama promosi usaha.

Baca juga : Mengenali Ancaman dan Pencegahan Penipuan Teknik Manipulasi Psikologis di Dunia Digital

“Saya berharap dosen Universitas BSI kampus Pontianak konsisten melaksanakan kegiatan pemanfaatan terknologi seperti ini di waktu yang akan datang khususnya untuk menyokong perkembangan UMKM di Pontianak,” kata Ummi. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.