Seminar Career Tips : Balancing, Soft Skill And Hard Skill In Industri 4.0

0 60

BSINews, Jakarta-Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menyelenggarakan kegiatas seminar Career Tips dengan tema “Balancing, Soft Skill and Hard Skill in Industri 4.0”. Materi ini sejalan dengan penyempurnaan dari apa yang telah dipelajari di kampus dan menjadi sebuah pembekalan mengenai persiapan mahasiswa dalam menjalani karir kedepannya di dunia kerja.

Baca Juga: Seminar Tematik, BSI Career Center Picu Maba Siapkan Karier Sejak Dini

Seminar ini digelar secara offline pada hari Rabu, 06 Aguastus 2023  di Aula Gedung Rektorat Universitas BSI, mulai pukul 14.00 s/d selesai. Seminar ini dihadiri oleh 139 peserta yang diselegarakan di lingkungan Universitas BSI yang terdiri dari mahasiswa semester 4 program studi manajemen.

Seminar ini, dihadiri oleh perwakilan Staff Prodi Manajemen  Chanissa Purwaningrum dan Purwatiningsih sebagai moderator. Hadir sebagai pembicara utama dalam kegiatan ini adalah Shinta Wulandari yang merupakan direktur dari PT Supportindo Prima Mandiri.

Shinta Wulandari dalam pemaparan materi menyampaikan mengatakan dengan memperkuat intangible capability through people, organisasi dapat meningkatkan kinerja, meningkatkan inovasi dan membangun keunggulan kompetitif untuk waktu jangka panjang.

Ia menjelaskan, bahwa Hard skill adalah kemampuan atau pengetahuan yang spesifik dan terukur yang dapat diperoleh dan ditunjukkan melalui pelatihan, pendidikan, atau pengalaman. Hard skill adalah keterampilan khusus yang memungkinkan kita dalam melakukan tugas-tugas tertentu dan untuk soft skill adalah kualitas dan atribut non-teknis, interpersonal yang memungkinkan komunikasi, kolaborasi, pemecahan masalah, dan kepemimpinan yang efektif” hal tersebut merupakan bagian awal yang perlu diketaui oleh para peserta.

“Upskilling reskilling, keluar dari zona nyaman, tingkatkan visibility dan tetap focus smart”. Selain itu beliau juga memberikan saran menuju karir teratas yaitu harus memahami mengenai “pengetahuan dan keterampilan, kepemimpinan dan pengelolaan, kerjasama dan komunikasi, ketahanan dan adabtabilitas serta kreativitas dan inovasi,” jelasnya.

Sementara itu, Purwatiningsih selaku berharap melalui seminar ini diharapkan akan memberikan dampak pada para peserta untuk memiliki ide-ide dan inovasi baru yang memberikan kontribusi baik di dalam dunia kerja.

Baca Juga: Prodi Sistem Informasi Universitas BSI Kampus Tegal Selenggarakan Seminar Accelaration of Information Technology for IT Career

“Kegiatan ini mendapatkan sambutan hangat dari para mahasiswa yang menyaksikan secara langsung bagaimana tema yang di angkat adalah mengenai tips untuk menjalani karir yang baik di era industry 4.0,” tutupnya.(RDX)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.