Dosen Universitas BSI Berikan Training Bidang Keuangan Kepada Staf Kementerian Transportasi dan Komunikasi Republik Demokratik Timor Leste

0 6

Jakarta, BSINews — Berlokasi di Blue Sky Hotel Petamburan, Jakarta, Helmy Ivan Taruna yang merupakan dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) memberikan training bidang keuangan, kepada Staf Kementerian Transportasi dan Komunikasi Republik Demokratik Timor Leste.

Baca juga : Jadi Narasumber, Dosen Kampus Digital Kreatif Universitas BSI Tumbuhkan Digital Mindset Untuk Pelaku UMKM

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 18-22 Desember 2023 ini, diikuti oleh 29 peserta serta menggandeng mitra pelatihan Focus Techno Media, Yogyakarta serta Ikatan Pemandu Museum Indonesia (IPMI), Jakarta.

Helmy menjelaskan bahwa Administrasi dan Manajemen Keuangan suatu proyek adalah kunci keberhasilan dalam menjalankan suatu proyek. Tanpa administrasi perkantoran dan manajemen keuangan yang baik, maka suatu proyek bisa tidak akan berhasil dalam menjalankan aktivitasnya.

Dosen Universitas BSI Berikan Training Bidang Keuangan

“Beberapa rasio keuangan yang dipakai untuk menilai aktivitas suatu proyek, seperti Rasio likuiditas, solvabilitas, rentabilitas dan beberapa analisa rasio yang biasa dipakai dalam menganalisa suatu proyek. Seperti manajemen kas, manajemen piutang, manajemen persediaan, dan manajemen modal,” ujar Helmy.

Menurutnya, untuk menerapkan manajemen modal kerja, ada berbagai kebijakan  yang bisa dilakukan seperti kebijakan konservatif, dimana kebutuhan dana lebih banyak dibelanjai dengan sumber dana jangka panjang.

Baca juga : Dosen Prodi Manajemen Universitas BSI Menjadi Narasumber Kegiatan Kuliah Umum dan Diskusi Ilmiah Di Universitas Teknologi Mataram (UTM)

“Kebijakan moderat, dimana kebutuhan dana jangka panjang dibelanjai oleh sumber dana jangka panjang dan sebaliknya kebutuhan dana jangka pendek dibiayai oleh sumber dana jangka pendek. terakhir adalah kebijakan agresif apabila kebutuhan dana lebih banyak dibelanjai dengan sumber dana jangka pendek imbuhnya.  (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.