Prodi Manajemen Universitas BSI Gelar Sosialisasi PKL/Magang

0 49

Jakarta, BSINews — Program studi (Manajemen), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) telah melaksanakan sosialisasi PKL/magang. Sosialisasi yang dilaksanakan secara daring, pada Rabu (28/2/2024) diikuti oleh 177 mahasiswa prodi Manajemen Semester 6 serta dosen PA.

Baca juga : Bekali Mahasiswa Dunia Kerja, Prodi Periklanan Gelar Sosialisasi PKL

Hadir sebagai pemateri Sofyan Marwansyah menjelaskan menjelaskan bahwa PKL atau magang adalah suatu kegiatan akademik yang diharapkan dapat memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam rangka usaha menerapkan teori dan pengetahuan yang telah diterimanya di dalam kelas serta memperluas wawasan pada kegiatan nyata di program studi masing-masing.

“Disebutkan bahwa dengan mengikuti PKL atau magang, ada beberapa manfaat yang dapat diperolah oleh mahasiswa, program studi, dan instansi tempat terlaksanannya PKL atau magang. Manfaat bagi mahasiswa adalah dapat meningkatkan wawasan keilmuan mahasiswa tentang situasi dalam dunia kerja,” jelas Sofyan dalam keterangan rilis, Jumat (1/3/2024).

Prodi Manajemen Gelar Sosialisasi PKL/Magang

Ia menambahkan, bagi Program Studi dapat menjadi tolok ukur pencapaian kinerja program studi khususnya untuk mengevaluas hasil pembelajaran oleh instansi tempat PKL dan dapat menjalin kerjasama dengan instansi tempat PKL.

“Bagi instansi tempat PKL dapat menjadi bahan masukan bagi instansi untuk menentukan kebijakan perusahaan di masa yang akan datang berdasarkan hasil pengkajian dan analisis yang dilakukan mahasiswa selama PKL,” imbuhnya.

Sofyan juga menjelaskan mengenai praktik PKL yang harus dilakukan oleh mahasiswa, seperti ketentuan dan syarat yang harus mereka penuhi. Ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi sebelum PKL namun ada juga laporan yang harus
mahasiswa buat untuk melaporkan kegiatan apa saja yang mereka lakukan selama masa PKL atau magang.

Baca juga : Prodi Administrasi Bisnis Gelar Pembekalan Pembuatan Laporan PKL

“Karena kegiatan PKL ini dilakukan selama tiga sampai 6 bulan. Kegiatan fokus pada lingkup pengelolaan manajerial, ruang lingkup manajemen dan proses bisnis. Selama pelaksanaan PKL, mahasiswa mendapatkan bimbingan dari Dosen Penasehat Akademik (Dosen PA). Dosen PA sebagai tempat berkonsultasi mahasiswa mengenai pelaksanaan kegiatan PKL secara umum. Kegiatan tersebut dilakukan pada saat Dosen PA melakukan bimbingan dan konseling,” tandasnya. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.