BCC Universitas BSI Kampus Pontianak Sosialisasikan Pentingnya Tracer Study pada Mahasiswa

0 24

BSINews, Pontianak — Program studi (prodi) Sistem Informasi, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak telah melaksanakan Sosialisasi Tugas Akhir dan Tracer Study. Bertempat di aula Universitas BSI kampus Pontianak, kegiatan ini diselenggarakan pada Jumat, 8 Maret 2024 dan diikuti oleh 134 mahasiswa.

Baca juga : Prodi Manajemen Pajak Gelar Sosialisasi Tugas Akhir

Eva Meilinda selaku staf prodi Sistem Informasi menyampaikan syarat yang harus dipenuhi oleh Mahasiswa yang akan melaksanakan tugas akhir dan prosedur yang harus dilakukan dalam pendaftaran tugas akhir. Ia juga menjelaskan mengenai teknik penulisan dan teknik pengutipan sesuai dengan Pedoman Penyusunan Laporan Tugas Akhir Universitas BSI 2024.

“Sosialisasi ini sangat penting untuk mahasiswa, agar mendapatkan gambaran awal dan pemahaman terkait proses penyusunan tugas akhir, sehingga perlu adanya arahan terhadap mahasiswa,” ujar Eva dalam rilis yang diterima, Rabu (13/3/2024).

BCC Sosialisasikan Pentingnya Tracer Study

Lebih lanjut Eva menyampaikan tiga pilihan bentuk outline yang bisa dipilih oleh mahasiswa yaitu Perancangan Sistem, Perancangan Program dan Proyek Sistem Informasi. Terdapat ketentuan dari masing-masing outline yang dipilih.

“Mahasiswa dibebaskan untuk memilih namun tidak diperkenankan untuk mengganti jenis outline yang sudah dipilih,” jelasnya.

Kegiatan ini juga dilanjutkan dengan pemaparan tentang pentingnya Tracer Study yang dilakukan oleh Reza Maulana selaku koordinator BSI Career Center (BCC) Universitas BSI kampus Pontianak.

Menurutnya, Tracer Study merupakan kegiatan survei yang dilakukan terhadap alumni guna menggali informasi mengenai persepsi alumni mengenai kualitas lulusan melalui kompetensi yang telah dicapainya, serta informasi lainnya yang berkaitan dengan transisi dari perguruan tinggi ke dunia kerja.

Baca juga : Sosialisasi Skripsi dan Tracer Study Program Studi Manajemen Universitas BSI

“Tracer study juga berguna untuk melacak jejak lulusan/alumni yang dilakukan 2 tahun setelah lulus dan bertujuan untuk mengetahui outcome pendidikan termasuk masa tunggu kerja dan proses pencarian kerja pertama. Hasil tracer study akan membantu Perguruan Tinggi untuk mengetahui posisi lulusan yang telah terserap dalam dunia kerja serta menyiapkan lulusan sesuai dengan kompetensi yang diperlukan di dunia kerja,” tandasnya. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.