Teknik Rule of Three: Kunci Kesuksesan Presentasi yang Memikat

0 30

BSINews, Solo – Mahasiswa sering kali dihadapkan pada tugas presentasi yang menuntut kemampuan public speaking yang baik. Salah satu teknik yang dapat digunakan untuk membuat presentasi lebih menarik dan mudah diingat oleh audiens adalah Rule of Three.

Tiga adalah angka terkecil yang diingat manusia sebagai suatu set. Oleh karena itu, segala sesuatu yang ditulis dalam bentuk tiga lebih memuaskan, lucu, dan mudah diingat. Hal seperti itu jika diterapkan dalam public speaking akan memudahkan audiens mengingat sebuah pesan dan membuat pesan dalam sebuah presentasi atau public speaking lebih menarik.

Baca juga: Panduan Belajar Efektif di Era Banjir Informasi

Rule of Three merupakan prinsip penulisan yang didasarkan pada gagasan bahwa otak manusia cenderung memproses informasi dalam pola tiga. Dengan menerapkan prinsip ini, presentasi akan lebih mudah diingat, lebih menarik, dan lebih efektif.

Mengapa Rule of Three penting dalam presentasi?

1. Memudahkan Penyampaian Informasi: Penyajian informasi dalam pola tiga mempermudah otak manusia dalam mengingatnya. Hal ini membuat presentasi menjadi lebih mudah dipahami oleh audiens.

2. Menciptakan Pola yang Nyaman: Pola tiga menciptakan keseimbangan yang nyaman bagi otak manusia, sehingga informasi lebih mudah diingat dan diproses.

3. Meningkatkan Daya Tarik: Konsep atau kata-kata yang disusun dalam pola tiga cenderung lebih menarik perhatian audiens dan mempengaruhi emosi mereka, sehingga membuat presentasi menjadi lebih berkesan.

Penerapan Rule of Three dalam presentasi dapat menjadi strategi yang sangat efektif untuk membuat pesan menjadi lebih jelas, mudah diingat, dan berkesan. Namun, untuk menggunakan teknik ini dengan baik, beberapa hal perlu diperhatikan:

1. Pengantar yang Menarik: Mulailah presentasi dengan memperkenalkan topik utama Anda dalam tiga poin menarik yang dapat menarik perhatian audiens.

2. Isi Presentasi yang Berbobot: Bagilah isi presentasi Anda menjadi tiga bagian utama yang mendukung argumen atau pesan Anda, seperti pembukaan, isi, dan penutup.

3. Penutup yang Mengesankan: Akhiri presentasi Anda dengan merangkum kembali tiga poin utama Anda dan meninggalkan kesan yang kuat kepada audiens.

Baca juga: Peran Penting Artificial Intellegence (AI) dalam Masa Depan Teknologi

Dengan menerapkan Rule of Three, presentasi Anda akan menjadi lebih terstruktur, mudah diikuti, dan lebih berkesan bagi audiens. Diharapkan pula dapat meningkatkan kemampuan public speaking mereka dan membuat presentasi menjadi lebih menarik serta berkesan bagi audiens.

Penulis: Galih Setiawan N, Dosen Universitas BSI kampus Solo(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.