Songsong Era Kecerdasan Buatan, Universitas BSI Gelar Workshop AI untuk Santri

0 5

BSINews, Karawang – Sebagai upaya untuk mengembangkan wawasan dan keterampilan teknologi di kalangan santri, Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menggelar Workshop Artificial Intelligence (AI) bertajuk “Eksplorasi, Pembelajaran, dan Kolaborasi dengan AI”.

Acara yang digelar pada Sabtu (27/4) lalu ini, berhasil menarik minat sejumlah santri yang ingin mengeksplorasi lebih dalam dunia kecerdasan buatan (AI) yang semakin pesat perkembangannya.

Workshop yang berlangsung sehari penuh ini, menghadirkan narasumber dari Dosen Universitas BSI, dengan sesi-sesi interaktif khusus untuk memperkenalkan konsep dasar AI, implementasi dalam kehidupan sehari-hari, serta peluang kolaborasi yang terbentuk melalui teknologi ini.

Baca juga: Pengaruh Internet dalam Pendidikan Jadi Topik Pengabdian Masyarakat Dosen Universitas BSI

Pembicara yang hadir, Dian Ardiansyah, selaku Dosen Universitas BSI memberikan wawasan mendalam tentang perkembangan terbaru dalam dunia kecerdasan buatan serta potensinya dalam berbagai industri.

“AI tidak lagi terbatas pada laboratorium riset atau perusahaan teknologi besar saja. Penggunaannya telah merambah ke sektor-sektor seperti lain kesehatan, pertanian, dan pendidikan,” ungkap Dian, dalam keterangan tertulis, Minggu (28/4).

Peserta workshop juga diajak untuk terlibat dalam sesi praktik. Mereka diberi kesempatan untuk merancang dan mengembangkan model-model sederhana menggunakan AI. Hal ini memberikan mereka pengalaman langsung yang berharga dalam menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajari.

Menyikapi antusiasme peserta, Ketua Yayasan Rumah Harapan Karawang, Agus, mengungkapkan harapannya bahwa workshop ini akan membuka pintu bagi lebih banyak kesempatan kolaborasi dan penemuan di antara santri.

“Kami sangat bangga melihat semangat dan dedikasi santri dalam menghadapi tantangan teknologi yang semakin kompleks. Dengan workshop ini, kami berharap dapat membangun fondasi yang kuat bagi masa depan mereka,” ujarnya.

Baca juga: Dosen Dosen Universitas BSI Gelar Pengabdian Masyarakat untuk Peningkatan Literasi Digital

Yayasan Rumah Harapan Karawang berencana untuk mengadakan lebih banyak acara serupa di masa depan, serta terus mendukung inisiatif-inisiatif yang memperluas wawasan dan keterampilan teknologi di kalangan santri bersama Universitas BSI sebagai Kampus Digital Kreatif.

Langkah ini menandai komitmen yang kuat untuk mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan teknologi di era digital yang terus berkembang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.