Universitas BSI Kampus Pontianak Adakan Pelatihan Metode Pengembangan Perangkat Lunak Scrum untuk Mahasiswa Prodi Sistem Informasi Akuntansi

0 6

BSINews, Pontianak — Program studi (Prodi) Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak sukses mengadakan pelatihan mengenai metode pengembangan perangkat lunak, yaitu Scrum. Kegiatan ini diselenggarakan pada Jumat, 26 Aprill 2024, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas lulusan agar dapat bersaing di era digital yang semakin kompleks.

Pelatihan ini menghadirkan Raja Sabaruddin, Kaprodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI Kampus Pontianak, sebagai narasumber utama. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Rachmat Adi Purnama, Dekan Fakultas Teknik dan Informatika, serta Lis Saumi Ramdhani yang bertindak sebagai moderator.

Dekan Fakultas Teknik dan Informatika menekankan pentingnya belajar hal-hal baru, terutama di bidang teknologi yang terus berkembang.

Baca juga : Universitas BSI Kampus Kota Pontianak Adakan Workshop Penulisan Jurnal Ilmiah dan Pengelolaan Referensi untuk Mahasiswa Prodi Sistem Informasi

“Teknologi bergerak dengan cepat, dan kita harus selalu siap untuk beradaptasi dengan perkembangan terbaru. Pelatihan ini adalah kesempatan bagi kalian untuk mengenal dan memahami metode pengembangan perangkat lunak terbaru, yang akan sangat berguna di dunia kerja nanti,” ujarnya.

Sementara itu, Raja Sabaruddin memberikan materi mengenai alur kerja metode Scrum dan contoh penerapannya dalam berbagai bidang, terutama di bidang IT. Scrum, sebagai salah satu metode Agile, memiliki fokus pada peningkatan kerja tim, fleksibilitas, dan peningkatan berkelanjutan, yang sangat relevan dalam pengembangan perangkat lunak saat ini.

Pelatihan Metode Pengembangan Perangkat Lunak Scrum

Ia juga menjelaskan tahap-tahap dalam Scrum, mulai dari perencanaan sprint, daily stand-ups, hingga review dan retrospective. Beliau juga memberikan contoh kasus nyata penerapan Scrum dalam proyek IT, yang membantu mahasiswa memahami bagaimana metode ini dapat diterapkan dalam pekerjaan mereka nanti.

Raja Sabaruddin juga menekankan pentingnya kolaborasi dan komunikasi dalam tim, yang menjadi salah satu kunci sukses dalam metode Scrum.

“Dalam Scrum, setiap anggota tim memiliki peran dan tanggung jawab yang jelas. Komunikasi yang efektif dan kolaborasi yang baik adalah kunci untuk mencapai tujuan bersama,” tambahnya.

Lis Saumi Ramdhani, selaku moderator, juga memberikan beberapa wawasan tambahan mengenai pentingnya manajemen proyek dalam dunia kerja. Ia mengapresiasi antusiasme mahasiswa dan mendorong mereka untuk terus belajar dan berinovasi.

Baca juga : Universitas BSI Kampus Pontianak dan Persona Consulting Gelar Campus Recruitment untuk Posisi Graphic Designer

“Semangat belajar yang kalian tunjukkan hari ini sangat menginspirasi. Teruslah belajar dan kembangkan diri kalian, karena dunia kerja membutuhkan profesional yang siap menghadapi tantangan,” ujarnya.

Antusiasme mahasiswa sangat luar biasa, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan selama sesi diskusi. Mario, menyatakan keinginannya untuk langsung mengimplementasikan metode Scrum dalam proyek tugas kuliahnya di mata kuliah pemrograman.

“Saya sangat tertarik dengan metode ini dan ingin mencoba menerapkannya dalam tugas kelompok kami. Saya yakin ini akan membantu kami bekerja lebih efisien dan terstruktur,” ujarnya. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.