Universitas BSI Gelar Pelatihan Manajemen Bank Sampah untuk Meningkatkan Kesejahteraan Warga

0 14

BSINews, Tangerang – Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) terus berperan aktif dalam pengabdian masyarakat dengan mengadakan pelatihan yang bertujuan untuk mengoptimalkan manajemen bank sampah dan meningkatkan pendapatan warga.

Pengabdian Masyarakat yang berfokus pada pelatihan Optimalisasi Manajemen Bank Sampah Melalui Pendekatan Humanistik Sosial dan Tambahan Penghasilan Warga ini diharapkan memberikan kontribusi berkelanjutan dalam menjaga kebersihan lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat berlangsung pada Minggu, (12/5).

Baca juga: Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Pemasaran Digital Melalui Media Sosial Bagi Kelompok Wanita Tani Sumur Mangga

Bank Sampah Sumang Satu RW.01 di Jalan Sumur Mangga RT 06 RW 01, Larangan Ciledug, Kota Tangerang, menjadi fokus utama dari kegiatan ini. Bank sampah ini berperan penting dalam pengelolaan sampah di wilayahnya, namun masih menghadapi tantangan seperti rendahnya partisipasi masyarakat dan kurangnya pemahaman akan manfaat dari bank sampah.

Tim pengabdian masyarakat dari Universitas BSI memberikan pelatihan kepada warga setempat. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai jenis sampah, cara pengelolaan bank sampah, dan pentingnya partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Tri Widyastuti selaku ketua kelompok pengabdian masyarakat Universitas BSI ini, mengatakan bahwa Bank Sampah Sumang Satu bukan hanya tempat untuk mengumpulkan sampah, tetapi juga merupakan sumber pendapatan tambahan bagi warga.

“Dengan optimalisasi manajemen bank sampah dan pendekatan humanistik sosial, kami berharap dapat meningkatkan kualitas lingkungan dan meningkatkan pendapatan warga setempat,” ujarnya.

Selain memberikan pelatihan, kegiatan ini juga melibatkan evaluasi dan monitoring untuk mengukur dampaknya. Tim pengabdian masyarakat Universitas BSI akan melakukan kuesioner kepada peserta untuk mengevaluasi peningkatan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh setelah mengikuti pelatihan.

“Kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat bagi masyarakat setempat, tetapi juga merupakan bagian dari upaya Universitas BSI dalam mendukung pembangunan berkelanjutan dan pemberdayaan masyarakat,” pungkasnya.

Ananto Krisna Wardhana selaku tutor dalam tim pengabdian masyarakat Universitas BSI mengucapkan terima kasih atas perhatian dan partisipasi aktif peserta. “Materi yang disampaikan telah dirancang dengan cermat untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang topik yang dibahas.

“Minat dan antusiasme peserta dalam berdiskusi menunjukkan keseriusan kami dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan untuk pengabdian masyarakat,” katanya.

Baca juga: Dosen Program Studi Teknologi Informasi Universitas BSI mengadakan Pelatihan Korespondensi Menggunakan Microsoft Word 2016

Irwin Ananta Vidada sebagai anggota tim pengabdian masyarakat Universitas BSI, menyambut dengan gembira keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan pengabdian masyarakat bersama dosen-dosen Universitas BSI

“Ini menunjukkan semangat kolaboratif dan tanggung jawab sosial yang kuat juga dari mahasiswa dalam memberikan kontribusi positif kepada masyarakat. Dengan partisipasi mereka, kami yakin bahwa program pengabdian masyarakat akan menjadi lebih bermanfaat dan berdampak luas,” tandasnya.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.