Pelatihan Penggunaan Video Interaktif Sebagai Media Promosi Produk UMKM

0 25

BSINews, Depok — Kelompok Pengabdian Masyarakat Universitas BSI bekerja sama dengan Ibu PKK di Kp. Pulo RT 03 RW 09, Kel. Rangkapan Jaya, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok  berhasil melaksanakan pelatihan Penggunaan Video Interaktif Sebagai Media Promosi Produk UMKM. Kegiatan ini digelar, pada Jumat, 10 Mei 2024.

Bilgah selaku ketua pelaksana menuturkan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam memanfaatkan media digital internet untuk mengembangkan usaha mereka.

Baca juga : Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Dasar Laravel untuk Web Developer Pemula

“Kegiatan pelatihan ini dilatarbelakangi oleh dua permasalahan utama yang dihadapi oleh mitra, yaitu sulitnya penggunaan video interaktif sebagai media promosi produk UMKM dan kurangnya pengetahuan ibu-ibu untuk memanfaatkan media internet yang disediakan oleh web bekerjasama dengan situs-situs marketing yang sudah ada dalam penggunaan aplikasi internet, yang dapat dilakukan secara gratis oleh ibu-ibu dalam memasarkan produk barang dan jasa,” ujar Bilgah.

Penggunaan Video Interaktif Sebagai Media Promosi Produk

Ia menambahkan, melalui pelatihan ini, dilakukan edukasi kepada para pelaku UMKM mengenai penggunaan video interaktif sebagai media promosi produk UMKM dan pemanfaatan media internet yang disediakan oleh web bekerjasama dengan situs-situs marketing. Metode yang dilakukan berupa penyuluhan, pelatihan dengan simulasi, praktik pembuatan konten, pembuatan akun media digital internet, dan pengelolaan akun-akun tersebut untuk kepentingan promosi/pemasaran produk UMKM.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mediseminasikan model yang dihasilkan dari penelitian yang telah dilakukan, serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pelaku UMKM dalam memanfaatkan media digital sebagai sarana promosi dan pemasaran,” ungkapnya.

Pelatihan ini sangat signifikan mengingat penggunaan media digital yang belum optimal sebagai media promosi/pemasaran, serta minimnya keterlibatan generasi muda yang melek teknologi komunikasi dalam pengelolaan UMKM

Leave A Reply

Your email address will not be published.